oleh

Empat Ogoh-ogoh Ikut Tawur Kesanga

radarlampung.co.id – Empat Ogoh-ogoh ambil bagian dalam tawur kesanga yang berlangsung di Tugu Adipura, Bandarlampung, Rabu (6/3). Ini merupakan bagian dari upacara Bhuta Yadnya sehari sebelum Nyepi.

Ketua PHDI Lampung sekaligus ketua pelaksana Dewa Ketut Artha mengatakan, sehari sebelum Nyepi, umat Hindu melaksanakan upacara tawur agung, tepatnya pada tilem sasih kesanga dan dilaksanakan pada waktu tengah hari.

Tawur artinya membayar atau mengembalikan, yaitu mengembalikan sari-sari alam yang telah digunakan manusia. “Puncak Hari Raya Nyepi adalah dengan melaksanakan catur brata penyepian. Kegiatan ini dilakukan dengan penuh keheningan selama 24 jam, di rumah masing-masing,” kata Ketut Artha.

Menurut dia, tawur kesanga kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Tidak ada festival atau lomba ogoh-ogoh. Hanya sebagai simbolis perayaan hari Nyepi.

“Tahun ini kebetulan agak berbeda. Kita tidak menyelenggarakan festival Ogoh-ogoh atau perlombaan. Doakan saja tahun depan. Jadi ini dibawa dari banjar masing-masing,” ujarnya. Ogoh-ogoh itu berasal dari empat banjar. Yakni Banjar Buana Santi, Banjar Satria, Banjar Satya Dharma dan Banjar Tengah.

Ketut Artha berharap perayaan Nyepi tahun ini bisa berjalan lancar dan damai sebagaimana mestinya. ”Mudah-mudahan kita semua dilimpahkan kedamaian dalam beribadah. Dalam tahun politik ini, kita berharap pemilu bisa berjalan aman dan damai,” tegasnya. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi