oleh

Target Satu Kecamatan Satu Puskesmas Rawat Inap

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesawaran akan merehab dua puskesmas tahun ini. Yakni Puskesmas Kutodalom dan Puskesmas Padangcermin.

Sekretaris Dinas Kesehatan Widodo mengatakan, salah satu program Pemkab Pesawaran adalah menjadikan seluruh puskesmas di kabupaten itu sebagai puskesmas rawat inap. ”Tahun ini puskesmas Kutodalom dan Padangcermin yang akan direhab,” kata Widodo mewakili Kepala Dinas Kesehatan Pesawaran Harun Tri Djoko, Rabu (6/3).

Saat ini, dari 15 puskesmas, empat di antaranya sudah menjadi rawat inap. Yakni Puskesmas Gedongtataan, Tegineneng, Padangcermin dan Roworejo.

Kemudian empat puskesmas lagi dalam proses registrasi di Kementerian Kesehatan untuk peningkatan status puskesmas. Yakni Puskesmas Kotajawa, Kedondong, Bunut dan Puskesmas Hanura.

”Total nanti ada delapan puskesmas rawat inap. Targetnya, setiap kecamatan memiliki satu puskesmas rawat inap,” urainya.

Dilanjutkan, beberapa persyaratan peningkatan status puskesmas dari rawat jalan menjadi rawat inap bukan hanya ketersediaan infrastruktur. Tapi juga haurs didukung alat kesehatan, SDM, dan fasilitas lain.

”Kita akan upayakan maksimal agar 12 kecamatan sudah memiliki puskesmas rawat inap semua,” ucapnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi