oleh

Gajah Pergi Tinggalkan Kerugian untuk 40 KK di Suoh

radarlampung.co.id – Sebanyak 12 ekor gajah bergeser ke Gunungdoh, Tanggamus. Sebelumnya, sekitar satu bulan  kawanan hewan berbelalai itu berada di Pekon Roworejo, Kecamatan Suoh, Lampung Barat.

”Alhamdulillah, kawanan gajah bergeser dan menjauh dari Pekon Roworejo. Hewan-hewan itu sudah memasuki daerah Gunungdoh. Setelah sebulan masyarakat was-was, kini kondisi mulai tenang. Mereka kembali beraktivitas,” kata Camat Suoh Novi Andri, Jumat (8/3).

Meski begitu, teror gajah menyebabkan 40 kepala keluarga (KK) di Pekon Roworejo merugi. Pasalnya hewan tersebut merusak tanaman pisang yang menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat.

”Saat ini masyarakat bisa kembali bercocok tanam. Semoga kawanan gajah tidak lagi kembali, sehingga warga bisa melakukan aktifitas dengan nyaman,” harapnya.

Sebelumnya tim dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Wilayah II Liwa bekerjasama dengan Pemkab Lampung Barat dan pihak terkait serta masyarakat berupaya menghalau 12 ekor gajah yang mendekati pemukiman di Pekon Roworejo.

Kepala TNBBS Wilayah II Liwa Amri mengatakan, selain tim gabungan, pihaknya juga menurunkan empat pawang atau mahout untuk menghalau gajah agar kembali masuk ke TNBBS. Masyarakat juga proaktif membantu. Mulai dari upaya penghalauan  hingga logistik kepada petugas.

”Petugas menemui kendala dalam penghalauan. Sebab ada belukar yang luasnya sekitar lima hektare. Itu menjadi tempat kawanan gajah. Tapi Alhamdulillah, pemerintah daerah membantu biaya untuk mendatangkan empat mahout yang diharapkan mempermudah penghalauan,” ungkapnya. (nop/ais)

 

Komentar

Rekomendasi