oleh

Pemkab Tanggamus Bantu Warga Pugung yang Rumahnya Hanyut

radarlampung.co.id – Tujuh rumah di Kecamatan Pugung, Tanggamus yang hanyut dihantam banjir beberapa waktu lalu, akan mendapatkan bantuan program pemugaran perumahan masyarakat (PPM).

Hal ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Perumahan dan Pemukiman Dinas PUPR Ari Yudha, Jumat (8/3). Rumah tersebut didiami keluarga Akbar, Jahri, Kholil, Nurhani, Sukra, Suliwa dan Sutini.

”Warga yang rumahnya hanyut diterjang banjir diusulkan mendapatkan bantuan melalui program PPM. Anggarannya dari APBD Tanggamus,” kata Ari Yudha kepada Radarlampung.co.id.

Masing-masing keluarga mendapat Rp15 juta dikurangi pajak. Bantuan berupa material. ”Pemberian bantuan masih dalam proses. Mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama segera direalisasikan,” sebut Ari mewakili Kepal Dinas PUPR Tanggamus Riswanda Djunaidi.

Terkait banjir tersebut, beberapa waktu lalu tim penanggulangan bencana Pemkab Tanggamus dipimpin Pj. Sekretaris Kabupaten Hamid H. Lubis menggelar rapat evaluasi dengan pihak terkait, Selasa (5/3). Ini bertujuan mengetahui kondisi riil pascabanjir dan penanganan yang harus dilakukan.

Rapat berlangsung di Balai Pekon Sukamulya, Kecamatan Pugung. Wilayah ini menjadi salah satu titik terdampak banjir akibat luapan sungai Way Gading dan Way Komering. Hadir dalam rapat tersebut Kepala BPBD Tanggamus Romas Yadi, Kepala Dinas Kesehatan Sukisno, kepala bidang di Dinas PUPR, KUPT Dinas Pendidikan, kapolsek, danramil, camat, kepala pekon dan lainnya.

Rapat memutuskan menurunkan alat berat untuk penanganan banjir pada daerah terparah. ”Kemudian menjadikan Balai Pekon Sukamulya, Kecamatan Pugung sebagai posko utama penanggulangan bencana banjir wilayah Timur,” kata Hamid H. Lubis. (ehl/ais)

 

 

Komentar

Rekomendasi