oleh

Lemhanas Gali Potensi Poros Maritim Dunia di Lampung

radarlampung.co.id – Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI memantau perkembangan potensi poros maritim dunia. Hal tersebut terungkap dalam Focus Group Disscussion tentang pengembangan kekuatan pertahanan negara dalam poros maritim dunia, di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Gubernur Lampung, Senin (11/3).

Tenaga Pengajar dan Pengkaji Lemhannas RI, Laksda TNI Riyadi Syahardani mengatakan, kedatangan Lemhanas ke Lampung kali ini ingin melihat sejauh mana perkembangan Lampung untuk mendukung poros maritim dunia.

“Karena Lampung termasuk dalam lintasan tol laut, dalam rangka poros maritim dunia. Kita juga harus tahu bagaimana pengembangan kekuatan pertahanan kita,” ujarnya usai FGD.

Baca :   Momentum Hari Ibu untuk Perangi Stunting

Jendral TNI bintang dua ini melanjutkan, untuk Lampung sendiri tidak banyak yang harus dilengkapi. Salahsatunya sudah memiliki armada pertahanan. “Misalnya dalam hal armada pertahanan kan lampung sudah siap. Artinya Lampung sudah mendukung poros maritime dunia. Kalau banyak yang kurang juga kan perlu banyak menyiapkan hal lain,” ujarnya.

Dari hasil pantauan ini, dia mengaku belum dapat menyimpulkan secara langsung. Sebab, akan dibuat kajian terlebih dahulu secara nasional. “Sebab dari Lampung kita ke Makasar untuk melakukan hal yang sama. Nanti akan dibuat kajian terlebih dahulu, untuk diteruskan ke Presiden, outputnya bisa dengan regulasi berbentuk peraturan pemerintah (PP) dan sebagainya untuk penguatan poros maritim dunia,” kata dia.

Baca :   Alih Status Enam Ruas Jalan Ringankan Beban APBD

Sementara, Asisten II bidang Ekbang Setprov Lampung, Taufik Hidayat mengatakan, siap membantu Lemhanas RI dalam pengembangan dan kemajuan poros maritim dunia.

“Tadi saya sudah paparkan secara umum bagaimana potensi lampung. Terkait penanganan pertahanan dari sisi keamanan sosial tentunya juga sudah kita tindaklajuti kok. Ada FKUB, ada FKPT yang monitor oleh Kesbangpol,” ujarnya. (abd/wdi)



Komentar

Rekomendasi