oleh

Menuai Kritikan, Rapergub Pungutan Pendidikan Terus Dimatangkan

Radarlampung.co.id – Rencangan Peraturan Gubernur (Rapergub) tentang Pungutan dan Sumbangan Pendidikan yang menuai kritikan dari berbagai pihak akan tetap diberlakukan bagi SMA/SMK/SLB Negeri di Lampung.

Kabid Pembinaan SMK Disdikbud Lampung, Teguh Irianto mengatakan, setelah dilakukannya uji publik di Aula Disdikbud Lampung, Selasa (5/3) lalu, kini Rapergub itu tengah dibahas pihak kegubernuran, setelah itu akan dikembalikan untuk dibahas kembali Disdikbud. 

“Tahap saat ini tengah dibahas oleh orang-orang inspektorat, dari pihak  kantor gubernur. Jadi, itu masih dibahas dia orang, setelahnya akan kita bahas lagi,” katanya kepada Radarlampung.coi.id, Selasa (19/3).

Menurutnya, Raperda tersebut masih dalam tahap revisi. Dia berharap regulasi tersebut secepatnya bisa ditetapkan.

Disisi lain, Sekretaris MKKS SMA Lampung Hendra Putra mengatakan, rapergub yang tengah digodok tersebut merupakan hasil usulan dari pihaknya untuk menindaklanjuti Pemendikbud No. 75 Tahun 2017 tentang Komite Sekolah. 

Menurutnya, regulasi itu tidak bisa dilakasanakan bila tidak ada Pergub, karena semua produk hukum semuanya harus ada turunannya dan harus dilengkapi dengan juklak dan juknis. 

Terkait diksi pungutan, katanya, pihaknya mengambil dasar hukumnya mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan. 

Komentar

Rekomendasi