Provinsi Ssst.., Ini Kata BKN Soal Peserta PPPK Lolos Passing Grade

Ssst.., Ini Kata BKN Soal Peserta PPPK Lolos Passing Grade

Kepala BKN Bima Haria Wibisana. foto dok jawapos.com

radarlampung.co.id-Pengumuman kelulusan honorer K2 yang ikut tes PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) masih belum ditentukan waktunya. Namun, Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta agar sabar menunggu pengumuman dirilis.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana dilansir dari jpnn.com selasa (19/3) menyatakan seluruh honorer K2 yang lolos passing grade bakal diluluskan seluruhnya. Hal ini diungkapkan Bima usai rapat dengan komisi II DPR RI senin (18/3) lalu. “Semua honorer K2 yang ikut tes dan lolos passing grade akan diluluskan semuanya,” kata Bima.

Menurutnya, ada perbedaan teknis perekrutan PPPK dengan CPNS. Rekrutmen CPNS lanjutnya harus ditetapkan oleh pemerintah pusat. Hal ini berarti semua yang tidak lolos passing grade bisa dinyatakan lulus CPNS. Sementara usulan formasi PPPK ditentukan daerah. Pemerintah pusat hanya menyetujui berapapun yang diusulkan pemerintah daerah. Asalkan, lanjut dia, pemerintah daerah siap menggaji PPPK.

Baca :   Gaji 13 ASN Lamtim Segera Cair, Ini Rinciannya

“Jadi yang lolos passing grade sudah pasti lulus. Tinggal keputusan daerah saja. Apakah mau mengusulkan semua honorer K2 yang lolos passing grade atau tidak. Kan pusat tidak bisa paksakan, karena yang gaji daerah,” terangnya.

Hingga saat ini, lanjutnya, sudah 294 daerah siap menggaji PPPK. Mereka mengusulkan semua honorer K2 yang lolos passing grade.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin juga menjamin seluruh honorer K2 yang belum ikut tes PPPK akan mendapatkan perlakuan khusus. Salah satunya, dengan diberikan kesempatan untuk mengikuti tes PPPK tahap kedua.

“Tenang saja, honorer K2 yang belum ikut tes PPPK haknya tidak hilang. Kami masih berikan kesempatan dan akan diberikan perlakuan khusus,” ucap Syafruddin saat rapat dengan Komisi II DPR RI, senin (18/3) dikutip dari jpnn.com.

Baca :   Oknum Honorer Pemkab Tanggamus Terlibat Narkoba Dipecat

Tahun ini alokasi PPPK untuk honorer K2 sebanyak 150 ribu orang. Sayangnya, di tahap satu hanya sekitar 50 ribuan formasi terisi, dari 75 kursi yang tersedia.

Syafruddin memastikan, sisa formasi tahap satu (sekira 24 ribuan) akan diakumulasikan di formasi tahap dua. Dia berharap rekrutmen tahap dua akan diikuti lebih banyak lagi honorer K2.

“Khusus honorer K2, saya pastikan, formasinya tidak akan hilang. Yang belum ikut tahap satu, silakan di tahap dua,” ucapnya.

Perlakuan khusus lainnya adalah, soal yang diberikan super mudah. Demikian pula passing grade nilainya di bawah standar. Bagi honorer K2 yang melewatkan kesempatan tahun ini, lanjut Menteri Syafruddin, harus berhadapan dengan pelamar umum lainnya di tahun depan. Pemerintah hanya memberikan afirmasi tahun ini. (jpnn/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini