Berita Lainnya Program KKBPK Dituntut Sejalan dengan Grand Design Pembangunan Kependudukan

Program KKBPK Dituntut Sejalan dengan Grand Design Pembangunan Kependudukan

Asisten bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Lampung Taufik Hidayat memukul Gong tanda dibukanya Rakerda KKBPK 2019 di Hotel Emersia, Bandarlampung, Rabu (20/3). Foto Anggi Rhaisa/radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id – Asisten bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Lampung, Taufik Hidayat mengatakan, dalam pembangunan yang dilakukan selama ini akan kurang bermakna jika laju pertumbuhan penduduk tidak terkendali.

Untuk itu, dalam pembangunan daerah di antaranya, pembangunan Kependudukan, Keluarga Berencana (KB) dan Pembangunan Keluarga sejalan dengan grand Design Pembangunan Kependudukan 2011-2035.

“Saya minta seluruh Kabupaten dan Kota juga melakukan hal yang sama yaitu menyusun Grand Design Pembangunan Kependudukan di wilayahnya masing-masing,” kata Taufik saat pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Provinsi Tahun 2019 di Hotel Emersia, Rabu (20/3).

Kedua, sambungnya, dalam penyusunan rencana pembangunan di daerah hendaknya bersumber dari data penduduk dengan memanfaatkan Proyeksi Penduduk 2010- 2035 dan Grand Design Pembangunan Kependudukan.

Ketiga, faktor-faktor yang menghambat program Kependudukan KB dan Pembangunan Keluarga antara lain yakni Kelembagaan, Kurangnya PLKB dan melemahnya mekanisme operasional di lini lapangan hendaknya dapat diminimalisir dengan dukungan Pemerintah Daerah setempat.

Maka dari itu,  Organisasi Perangkat Daerah Pengelola Program KB untuk seantiasa belajar dan berkoordinasi baik dengan Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung maupun dan Mitra Kerja di tingkat Kabupaten,” tandasnya. (gie/kyd)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini