oleh

Waspada Gelombang Tinggi di Pesisir Lampung

radarlampung.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Lampung memberikan peringatan dini terkait gelombang berbahaya di perairan Lampung pada 21-22 Maret mendatang. Gelombang dengan ketinggian 2.0-2.5 meter berpotensi terjadi di perairan Barat Lampung, Samudera Hindia dan Selat Sunda.

Kepala Stasiun Maritim Lampung Sugiyono mengatakan, gelombang tinggi 1,25 meter hingga 2,50 meter disebut berbahaya dan berpeluang terjadi di Selat Sunda Utara Lampung. ”Kemudian di Selat Hindia dan Selat Sunda Selatan Lampung dengan  tinggi 2,50 meter hingga 4,0 meter juga berbahaya,” kata Sugiyono, Kamis (21/3).

Ia mengimbau nelayan agar berhati-hati dan waspada saat berlayar. Kemudian memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Baca :   Simpan Sabu, Pemuda asal Baradatu Diringkus Polisi

“Perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter, kapal tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter, kapal Ferry dengan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar dengan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter,” urainya.

Baca :   Hati-hati! Ombak Bisa Mencapai Empat Meter

Sugiyono juga mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir pantai untuk waspada. Begitu juga dengan wilayah pelayaran padat, agar tetap memperhatikan kondisi cuaca terkini. (mel/ais)

 

 

Komentar

Rekomendasi