oleh

Hijaukan Lapas Kotaagung dengan Puluhan Pohon Palem

radarlampung.co.id – Pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung melakukan aksi penanaman 50 bibit Palem, Jumat (22/3). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Ke-55 Hari Bhakti Pemasyarakatan.

Kasubbag TU Lapas Kelas IIB Kotaagung Syamsudin mewakili Kepala Lapas Sohibur Rachman mengatakan, penanaman  pohon tersebut dalam upaya penghijauan agar lingkungan terlihat asri. Ini seruan langsung dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

”Seluruh UPT Pemasyarakatan di Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ini,” kata Syamsudin usai penanaman pohon.

Baca :   Pejabat Harus Turun Lapangan, tak Ada ABS!

Penanaman bibit pohon palem ini bertujuan untuk menciptakan daerah resapan air. Apabila hujan dengan intensitas tinggi dan lama, diharapkan tidak menyebabkan genangan atau banjir. Di sisi lain, keberadaan pohon Palem yang ditanam akan lebih memperindah lingkungan Lapas.

”Sesuai arahan dari Dirjen Pemasyarakatan, jenis pohon yang ditanam memiliki aspek pemanfaatan. Di antaranya mampu tumbuh di area terbuka di bawah sinar matahari, mampu bersaing dengan rumput liar, mudah bertunas bilamana terbakar dan terpangkas. Karena itu dipilih pohon Palem,” sebut dia. (ral/ehl/ais)

Baca :   TP PKK Tanggamus Gelar Pelatihan UP2K, Buat Kue Berbahan Ikan dan Kopi

 



Komentar

Rekomendasi