oleh

Warga Lamtim yang Tewas di Taiwan Dimakamkan

radarlampung.co.id – Warga Kecamatan Sekampung, Lampung Timur, Suherman (34), yang tewas akibat kecelakaan di Taiwan dimakamkan di kampung halamannya di Desa Karyamukti, Sabtu (23/3). Jenazah diantar petugas dari BNP2TKI dan tiba di rumah duka sekitar pukul 00.30 WIB.

Kepala Desa Karyamukti Marsono mengatakan, pemerintah menyerahkan jenazah dan santunan kepada pihak keluarga. ”Prosesi pemakaman disaksikan langsung Camat Batanghari Suparman dan istri almarhum, Puji Astuti. Ia pulang dengan pesawat berbeda,” kata Marsono.

Sebelumnya, warga menggalang dana untuk membantu keluarga Suherman. Terlebih didapat informasi ia kesulitan biaya perawatan yang mencapai Rp150 juta saat berada di Taiwan.

Saat itu terkumpul Rp11 juta. Namun sepekan dirawat di rumah sakit, nyawa Suherman tidak tertolong. ”Donasi yang dikumpulkan warga Desa Karyamukti telah kami serahkan kepada pihak keluarga,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, upaya Pemerintah Kabupaten Lampung Timur memulangkan jenazah Suherman membuahkan hasil.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Lampung Timur Budiyul Hartono menjelaskan, awalnya Suherman berangkat ke Taiwan untuk mengunjungi Puji Astuti, istrinya yang menjadi tenaga kerja wanita (TKW).

Ia di sana sejak awal Februari. Namun pada 14 Februari 2019, Suhermam mengalami kecelakaan lalu lintas di wilayah Taichung, Taiwan. Enam hari dirawat di Rumah Sakit Chung Shan Medical University Hospital, ia meninggal dunia sekitar pukul 18.30 waktu Taiwan, Rabu (20/2).

Dengan difasilitasi Kementerian Luar Negeri, jenazah Suherman dapat dipulangkan ke Indonesia dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, sekitar pukul 14.30 WIB, Jumat (22/3). Dari sini, jenazah dibawa ke kampung halaman menggunakan jalur darat. (wid/ais)

 



Komentar

Rekomendasi