oleh

Rita Linda, Doktor Perempuan Pertama di Kemenag Wilayah Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Hj. Rita Linda M.Ag., menjadi satu-satunya Pegawai Negeri Sipil (PNS) perempuan yang bergelar doktor di Kementerian Agama (Kemenag) wilayah Lampung. 

Perempuan kelahiran Wayharong, 1 Oktober 1970 itu menyelesaikan disertasi berjudul “pengaruh kepemimpinan, komunikasi organisasi, dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama se-Provinsi Lampung” pada Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Pascasarjana IAIN Raden Intan Lampung.

Adapun tim penguji ujian promosi doktornya, yakni Prof. Dr. H. Moh. Mukri, M.Ag; Prof. Dr. H. Yunalis Etek; Prof. Dr. Hj. Nirva Diana,M.Pd; Dr. Yetri, M.Pd; Dr. H. Deden Makabulloh, M.Pd; Prof. Dr. H. Idham Kholid, M.Ag; Dr. H. M. Akmansyah, M.A.

Putri dari pasangan Hi. Sukhari Ayub dan Hj. Miharti M. Zen itu telah melalui banyak pengalaman riwayat pekerjaan yang panjang dan menduduki berbagai jabatan sejak diangkat menjadi PNS tahun 1994.

Dari hasil penelitaiannya itu, dirinya mengatakan, kepemimpinan menjadi yang paling besar pengaruhnya di antara variabel yang lain. Artinya, jika proses kepemimpinan di lingkungan Kemenag dilakukan dengan baik, maka berbagai kelemahan yang terjadi dapat diatasi.

“Dengan adanya kepemimpinan yang baik, berkompeten dan profesional, maka akan mampu menyelesaikan berbagai masalah yang ada pada lembaga tersebut. Contohnya praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang belakangan sedang hangat-hangatnya,” katanya kepada Radarlampung.co.id, Senin (25/3).

Komentar

Rekomendasi