oleh

UNBK 2019, SMKN 4 Bandarlampung Andalkan Genset Ketimbang PLN

Radarlampung.co.id – Sejak 2018, SMKN 4 Bandarlampung lebih menggunakan genset ketimbang mengandalkan listrik PLN saat pelaksaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal ini dilakukan karena trauma listrik padam saat pelaksanaan ujian.

Wakil Kepala SMKN 4 Bandarlampung Bidang Humas, Yornedi mengatakan, hal itu merupakan inisiatif sekolah agar pelaksanaan kegiatan penting tahunan sekolah itu berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. 

“Seperti tahun kemarin saja, listrik PLN mati, untung kita sudah memiliki genset jadi siswa juga tidak was-was. Meskipun saat mati lampu, jawaban siswa di komputer secara otomatis ter-save, tapikan teknisi bakalan ribet,” katanya kepada Radarlampung.co.id di ruang kerjanya, Selasa (26/3).

Selain itu, matinya listrik bisa saja mempengaruhi konsentrasi siswa, sehingga siswa merasa tertekan lantaran waktu yang ada terpakai gara-gara listrik mati. 

Pihaknya akhirnya memutuskan untuk membeli genset dengan kekuatan 60.000 watt seharga Rp100 juta lebih, merek Firman. “Kami setidaknya mengeluarkan biaya Rp210 ribu per hari, untuk beli 20 liter solar,” imbuhnya. 

Menurutnya, genset itu dihidupkan nonstop selama pelaksaan UNBK berlangsung, untuk 10 ruangan sebagai suplai listrik ke 40 unit komputer dan AC. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi