oleh

Buruh Migran Asal Metro Hilang Kontak Tak Terdata di Disnakertrans

radarlampung.co.id- Juriah (29), buruh migran asal Kota Metro hilang kontak di  Abu Dhabi Uni Emirat Arab sejak 13 maret lalu. Dikonfirmasi terkait hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Metro angkat bicara. Pihak Disnakertrans Metro justru menyatakan Juriah tidak terdata di kantor Disnakertrans Metro.

Kepala Disnakertrans Kota Metro Rakhmat Zainuddin melalui Kabid Ketenagakerjaan Aprizal menjelaskan, setelah dicek oleh staf Disnakertrans, buruh migran tersebut tidak terdaftar di kantor Disnakertrans Kota Metro.

“Semua TKI asal Kota Metro yang resmi, pasti terdaftar di kantor Disnakertrans untuk mendapatkan Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN), dan rekomendasi, jika yang bersangkitan memang warga Metro. Setelah kita cek, ternyata atas nama Juriah tidak terdaftar di kami. Artinya, dia berangkat tanpa rekomendasi dari kami,” kata Aprizal, Rabu (27/3).

Aprizal menuturkan, pihaknya siap memfasilitasi keluarga Juriah untuk mengetahui keberadaannya melalui Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI Provinsi Lampung.

“Keluarganya sebaiknya bisa langsung datang ke kantor BP3 TKI Provinsi Lampung yang berada di Bandarlampung dengan membawa identitas diri, lalu surat-surat, dan informasi lainnya. Atau bisa ke kami. Intinya, kami siap memfasilitasi untuk mencari informasi ke BP3 TKI, nanti bisa direkomendasikan untuk diteruskan ke KBRI,” jelasnya.

Ia menambahkan, sejak tahun 2012, TKI Kota Metro tidak ada lagi yang berangkat menuju ke Arab Saudi. Menurut catatan Disnakertrans, ada lima negara yang menjadi tujuan bekerja para buruh migran asal Kota Metro. Yakni Brunei Darussalam, Hongkong, Malaysia, Singapura, dan Taiwan.

Komentar

Rekomendasi