oleh

Tersisa Waktu Sehari untuk Daftar UTBK, Mau Ikut Daftar? Simak Caranya

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang menjadi syarat bagi calon mahasiswa baru yang ingin masuk kuliah melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), gelombang II memasuki batas akhir Senin (1/4). Tepatnya pukul 22.00 WIB.

Pendaftaran dilakukan secara online di laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id. Untuk diterima di jalur SBMPTN, peserta harus mendaftar UTBK dahulu. Boleh dua kali mendaftar. Nantinya nilai UTBK tersebut yang digunakan untuk mendaftar dan bersaing mendapatkan kursi dijalur SBMPTN.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Institut Teknologi Sumatera (Itera) Irfanianta Arif Setyawan mengatakan, kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi dua bagian. Yakni kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dan Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum).

Dia mengatakan pada UTBK Gelombang I ada 6.383 peserta, yang tersebar memilih kelompok Saintek 3.955 peserta dan Soshum 2.438 peserta.

“Sejauh ini untuk pendatara UTBK Gelombang II di Itera sebanyak 2.627 peserta. Peserta yang memilih kelompok Saintek sebanyak 1.718 peserta dan Soshum ada 909 peserta,” katanya kepada Radarlampung.co.id, Minggu (31/3)

Saat ini, pendaftaran UTBK belum memilih prodi dan jurusan, peserta hanya memilih kapan waktu melaksanakan UTBK. Setelah pelaksanaan UTBK dan keluar nilainya maka peserta akan memilih program studi dan perguruan tinggi.

“Pemilihan prodi dan PTN-nya saat pendaftaran SBMPTN 10-24 Juni 2019. Nilai UTBK akan digunakan saat mendaftar SBMPTN dan memilih prodi dan PTN-nya nanti,” katanya.



Komentar

Rekomendasi