Pendidikan 7 Ribu Pelajar SMK Ikut Uji Kompetensi Kejuruan

7 Ribu Pelajar SMK Ikut Uji Kompetensi Kejuruan

Siswi SMKN2 Bandarlampung tengah mengikuti UKK Selasa (9/4). Foto Aprohan Saputra/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id-Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK sudah rampung. Namun sebanyak 7.275 pelajar dari 62 SMK di Bandarlampung, harus mengikuti Uji Kompetensi Kejuruan (UKK), Senin (1/4)-Jumat (3/5). Ribuan pelajar itu berasal dari 10 SMK negeri dan 52 SMK swasta.

Menariknya dalam UKK, siswa diuji kemampuannya sesuai dengan kompetensi keahliannya. Seperti di SMKN 2 Bandarlampung, yang memiliki program keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton (TKBB), diikuti oleh 8 siswa perempuan.

Salah satu siswa program keahlian TKBB, Eka Puspita Sari bersama timnya diuji membuat tangga beton menggunakan batu bata dan adukan semen dan pasir.

Dirinya mengaku, meski pun awalnya dia menyesal, karena prakteknya harus membuat bangunan. Namun, dirinya cukup senang dengan program keahliannya. Sehingga untuk mengasah dan mempertajam keahliannya itu, dirinya akan melanjutkan kuliah, usai lulus nanti.

“Awalnya saya nyesal karena prakteknya ngaduk-ngaduk semen, tapi setelah dijalani justru saya tahu bahwa pekerjaan seperti ini peluangnya besar, apa lagi Lampung, program keahlian TKBB hanya ada di SMKN 2 Bandarlampung,” katanya Selasa (9/4).

Pada program keahlian TKBB, katanya, selama di kelas X dirinya memperlajari teknik meratakan batu bata, mengukur siku dan kemiringannya, mengecet, melester, pasang kramik. Menurutnya, selama di kelas X pelajaran yang cukup sulit yakni membuat pilar yang melengkung yang sebelumnya dibuat gambar sketsanya.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMKN 2 Bandarlampung, Susilo Cendrawanto, M.Pd mengatakan, unjuk program keahlian TKBB diikuti oleh 78 siswa yang dibagi menjadi 4 kelompok.

Dirinya mengatakan total siswa yang mengikuti UKK di SMKN 2 Bandarlampung sebanyak 681 siswa dari 10 kompetensi keahlian. Menurutnya, 5 kompetensi keahlian menggunakan UKK dengan mekanisme kerja sama sekolah dan dunia industri.

Yakni Teknik Audio Video, Teknik Konstruksi Kayu, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, dan Teknik Geomatika.

Sedangkan, 5 kompetensi keahlian lainnya untuk UKK yang menggunakan lembaga sertifikasi profesi (LSP)-P1 BNSP. Yakni Teknik Komputer Jaringan, Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Kontruksi Batu Beton, Teknik Gambar Bangunan, dan Teknik Permesinan. (apr/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini