oleh

Ingat, KPPS Harus Kerja Cerdas, Tertib, Teratur dan Terarah!

radarlampung.co.id – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kotaagung menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara, Selasa (9/4). Kegiatan yang berlangsung di Gedung PGRI Kotaagung itu diikuti panitia pemungutan suara (PPS) dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS).

Anggota PPK Kotaagung Muhammad Said mengatakan, bimtek dilaksanakan sejak Minggu (7/4) hingga Kamis (11/4) mendatang. ”Melalui bimtek ini, diharapkan kinerja PPS dan KPPS berjalan baik serta lancar tanpa kendala berarti. Sebab mereka sudah mendapatkan kiat-kiat serta langkah cepat dan tepat sesuai peraturan yang berlaku,” kata Muhammad Said.

Dilanjutkan, saat bertugas di lapangan, PPS dan KPPS  memedomani kerja cerdas, tertib, teratur dan terarah. Sehingga bisa menyelesaikan rekapitulasi dengan cepat, tepat dan benar.

Baca :   Pendaftar PPS Capai Ratusan Orang

Said menuturkan, teknis penghitungan suara pemilu yang didahulukan adalah pemilihan presiden (Pilpres), DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten. “Teknis penghitungan memang sudah ketentuan dari pusat. Dilakukan mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB keesokan harinya,” sebut dia.

Pada kesempatan tersebut, Said juga menegaskan KPPS harus melarang pemilih melakukan swafoto dalam bilik suara. “Melakukan swafoto dengan menunjukan bukti calon yang dicoblos itu tidak dibenarkan. Sebab rentan disalahgunakan. HP nanti bisa dititip sama petugas KPPS. Kalaupun dibawa, Linmas di TPS akan mengawasi,” ucapnya. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi