oleh

Jelang Ramadan, Tim HBKN Pesawaran Monitoring Pasar

radarlampung.co.id – Guna memastikan ketersediaan, keamanan dan stabilitas harga pangan jelang Ramadan, tim monitoring Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Pesawaran akan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah pasar.

Kasubbag Ekonomi Heliana mengatakan, sidak bertujuan menekan harga sembilan bahan pokok. Kemudian memantau ketersediaan pangan. ”Rencananya tim akan monitoring harga sembako seminggu sebelum puasa dan seminggu sebelum Idul Fitri,” kata Heliana mewakili Kepala Bagian Perekonomian Setkab Pesawaran Merni, Rabu (10/4).

Selain Bagian Perekonomian, beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) juga akan dilibatkan dalam monitoring. Di antaranya Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan OPD lainnya.

”Kalau ada kenaikan harga, maka dari hasil monitoring ini nanti akan dibahas langkah atau solusi seperti operasi pasar murah,” ucapnya.

Dilanjutkan, tim juga akan sidak ke pedagang sayur, buah dan daging atau produk basah untuk memastikan apakah terdapat kandungan zat berbahaya atau tidak, seperti formalin, borak atau zat pewarna.

“Termasuk memberikan sosialisasi kepada para pedagang seperti pedagang daging, buah-buahan, bakso, tahu agar tidak menggunakan zat berbahaya,” tegasnya. (ozi/ais)



Komentar

Rekomendasi