oleh

Survei Lahan, Semoga Terminal Tipe B di Tanggamus Terealisasi

radarlampung.co.id – Rencana pembangunan terminal tipe B di Tanggamus terus dimatangkan. Terkait hal ini, perwakilan Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung melakukan survei lahan.

Kepala Dishub Tanggamus Razi Azanisyah mengatakan, dalam survei tersebut, Dishub Lampung menurunkan Kabid Pengembangan Transportasi Syamsu Rizal, Kabid Teknik dan Sarpras Yudi Pasaribu serta Kasubbag Perencanaan Susdewi. Kemudian Kasi Infrastruktur Bappeda Lampung Endang.

”Ada dua lahan yang disurvei, Senin (8/4) lalu. Yaitu lahan pertanian di Jalinbar Kecamatan Talangpadang dan di Jalinbar Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kotaagung,” kata Razi, Rabu (10/4).

Menurut dia, dua lahan yang disurvei tersebut mendukung untuk pembangunan Terminal Tipe B. Namun keputusan final ada di Pemprov Lampung.

Baca :   Berantas Buta Aksara Al Quran, Ratusan Guru Agama Ikut Pelatihan Baca Tulis

”Kalau lahan pertanian di Kecamatan Talangpadang itu cocok. Tapi harus ada pembebasan lahan dan tidak murah. Sementara di Jalinbar Kuripan, saat ini berdiri kantor UPT Dinas Pangan dan Pertanian. Ini yang sedang ditelusuri terkait kepemilikan asetnya,” sebut dia.

Dilanjutkan, pembangunan Terminal Tipe B ini sudah digagas sejak 2016 lalu. Saat itu Kepala Dishub Tanggamus dijabat Hamid Heriansyah Lubis. Untuk mendukung rencana tersebut, pemkab melalui Dishub Tanggamus sudah melakukan feasibility studi (FS).

“Dari FS tersebut ternyata cocok jika Jalinbar di Tanggamus dibangun terminal tipe B. Pemkab sifatnya hanya mengusulkan. Sementara yang membangun adalah Pemprov Lampung,” tegasnya.

Baca :   BPKD Tanggamus Nilai Dua Sektor Pajak Belum Maksimal

Razi juga menyatakan Pemkab Tanggamus sangat menyambut baik apabila Pemprov Lampung nantinya jadi membangun terminal tipe B. “Adanya terminal tipe B tentu akan berdampak pada peningkatan perekonomian. Harapannya Pemkab Tanggamus juga dilibatkan dalam pengelolaan, sehingga bisa ada pemasukan bagi pemkab,” ucapnya.

Lebih jauh Razi mengungkapkan, rencana pembangunan terminal Tipe B Kotaagung akan dikolaborasikan dengan pusat perbelanjaan. “Di atas, pusat perbelanjaan modern dan dibawahnya baru terminal. Kalau hasil survei ini oke, maka baru dibangun tahun 2020 atau 2021,” urainya. (ral/ehl/ais)



Komentar

Rekomendasi