oleh

Pesawat Terbesar di Dunia Terbang Perdana

radarlampung.co.id– Pesawat terbesar di dunia dengan sayap lebih besar melakukan penerbangan untuk perdananya. Pesawat raksasa ini dibuat oleh Stratolaunch, perusahaan yang didirikan oleh co-founder Microsoft Paul Allen pada 2011.

Pesawat raksasa tersebut dirancang sebagai landasan peluncuran satelit.

Idenya adalah menerbangkan pesawat sejauh 10 km sebelum melepaskan satelit ke orbit. Lebar sayapnya 385 kaki (117 m) sama dengan panjang lapangan sepak bola Amerika.

Jika berhasil, proyek semacam itu akan menjadi cara yang lebih murah untuk meluncurkan benda ke ruang angkasa daripada roket yang ditembakkan dari tanah.

Jet enam mesin pesawat kembar terbang hingga 15.000 kaki dan mencapai kecepatan sekitar 170 mil per jam (274 km / jam) pada penerbangan perdananya.

“Pengalaman itu fantastis. Sebagian besar pesawat terbang bekerja seperti yang diperkirakan,” kata pilot Evan Thomas dilansir dari BBC dan dikutip dari jawapos.com, Minggu (14/4).

Perusahaan miliarder Inggris Richard Branson Virgin Galactic juga telah mengembangkan pesawat yang meluncurkan roket ke orbit dari ketinggian. Stratolaunch menggambarkan kapalnya sebagai pesawat terbesar di dunia tetapi ada pesawat yang lebih panjang dari hidung ke ekor. (jpc/net/wdi)



Komentar

Rekomendasi