oleh

Bentuk Tim Siaga Bencana Pekon di Pesbar

radarlampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pesisir Barat menggelar rapat koordinasi dalam upaya pemberdayaan kelompok masyarakat, Selasa (16/4). Langkah ini bertujuan mengurangi resiko bencana.

Menurut Kepala BPBD Pesisir Barat Syaifullah, kabupaten itu merupakan wilayah rawan bencana. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan pembentukan tim siaga bencana pekon (TSBP) pada 116 pekon dan dua kelurahan.

”Ini sangat diperlukan. Sebab personel BPBD di Pesisir Barat masih kurang,” kata Syaifulah dalam kegiatan yang berlangsung di gudang Logistik BPBD, TPI Kelurahan Pasarkota, Pesisir Tengah.

Dengan pembentukan TSPB, maka potensi bencana bisa segera diketahui dan penanggulangan akan lebih cepat. ”Ini sesuai program pemkab tentang mitigasi bencana alam.  Mengembangkan sikap gotong royong dan meningkatkan kesiagaan desa terhadap bencana alam,” tegasnya.

Syaifullah menuturkan, tahapan pembentukan TSPB diikuti dengan pelatihan hingga simulasi bencana. Dengan begitu, warga pekon siap dan sigap saat terjadi bencana alam. (try/ais)

 

Komentar

Rekomendasi