oleh

Buka Desk Pemilu, Pemkab Pesawaran Sebar Pejabat ke Seluruh Kecamatan

radarlampung.co.id – Badan Kesbangpol Pesawaran membuka desk perhitungan real count hasil pilpres dan pileg 2019, usai pencoblosan, Rabu (17/4). Petugas yang dilibatkan lebih banyak, untuk menghitung lima jenis surat suara. Yakni surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi serta DPRD kabupaten.

“Untuk real count, seperti biasa dipusatkan di kantor kita (Kesbangpol, Red),” kata Kepala Badan  Kesbangpol Pesawaran Patthurrozi, Selasa (16/4).

Menurut Patthurrozi, kecepatan hitung real count pemilihan Gubernur Lampung tahun lalu, pihaknya berhasil melampaui KPU Pesawaran. Namun untuk pemilu serentak, diperkirakan memakan waktu lebih lama.

“Nanti ada tim tingkat kabupaten dan kecamatan. Data perolehan suara tersebut secara estafet dari tingkat desa ke kecamatan hingga ke kabupaten. Sudah ada petugas masing-masing,” urainya.

Mantan Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Pesawaran ini mengatakan, masing-masing kecamatan akan ditempatkan satu petugas. Selain itu, sekitar 60 pejabat ditempatkan di seluruh kantor kecamatan untuk memantau pemilu.

“Mengingat pada pilpres dan pileg ini ada lima surat suara, terutama legislatif yang banyak, tentu akan memakan waktu cukup panjang dalam perhitungan real count. Karena dalam MK dinyatakan ditambah 12 jam, artinya jika tidak selesai 12 jam, maka bisa sampai subuh. Kita harus siap melaksanakan perhitungan hingga selesai,” tegasnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi