oleh

Jelang Pencoblosan, Ketua KPU Tuba Mengaku Dihubungi Banyak Caleg

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pileg dan Pilpres serentak tahun 2019 sudah di depan mata. Ternyata masih banyak calon anggota legislatif (Caleg) yang galau menjelang pungutan suara.

Ketua KPU Tulangbawang Reka Punnata kepada radarlampung.co.id menjelaskan, menjelang pemungutan suara besok, ada beberapa caleg menghubunginya. Tujuannya menanyakan komitmen KPU terkait penghitungan suara.

“Iya ada beberapa (yang menghubungi). Pada intinya mereka menanyakan komitmen KPU (tidak merubah) saat penghitungan suara. Bentuk keyakinan mereka,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/4).

Terkait hal ini, Reka -sapaan akrabnya- menegaskan KPU Tulangbawang tidak akan merubah perolehan suara. KPU menjamin perolehan suara tidak akan berubah sesuai dengan pilihan masyarakat.

“Saya garansi dan saya jamin perolehan suara sesuai dengan hasil pilihan masyarakat,” tegasnya.

Menurutnya, hasil perolehan suara nanti akan sesuai dengan hasil Pleno di tingkat kecamatan tanggal 18 April-4 Mei mendatang.

“Hasil suara akan sesuai dengan pleno di tingkat kecamatan dilanjutkan pleno di tingkat kabupaten 20 April-7 Mei,” jelasnya.

Reka menambahkan, para caleg tidak perlu khawatir mengingat telah ada saksi masing-masing calon di TPS saat penghitungan suara.

“Mereka juga memiliki saksi per TPS, jadi tidak perlu takut akan berubah,” ungkapnya.

Saat ditanya siapa dan caleg dari partai politik mana, Reka enggan memberitahu secara rinci. “Jangan. Intinya ada beberapa,” sebutnya.

KPU Tulangbawang melihat ini hal wajar sebagai bentuk dari demokrasi. Menurutnya, hal ini juga sebagai salah satu bentuk membangun kepercayaan di tengah masyarakat.

Diketahui, berdasarkan rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan ketiga (DPTHP-3), di Tulangbawang terdapat 287.115 jiwa yang memiliki hak pilih, dengan rincian 149.041 pemilih laki-laki dan 138.047 pemilih perempuan. Mereka akan mencoblos di 1216 TPS yang tersebar di 151 kampung/kelurahan di 15 kecamatan. (nal/sur)

Komentar

Rekomendasi