oleh

KPU Metro Kekurangan 88 Keping Hologram

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ketua KPU Metro, Sukatno mengungkapkan bahwa berdasarkan penyortiran dan pengesetan Logistik Pemilu 2019 ternyata masih ada kekurangan Hologram C dan C1 sebanyak 88 keping.

Rinciannya, kekurangan hologram formulir C1 pleno DPRD provinsi sebanyak 32 keping di TPS 15 & 16 Kelurahan Rejomulyo, hologram pada formulir C1 plano DPRD kota Dapil 3 sebanyak 5 keping di TPS 18 Kelurahan Yosorejo.

Selanjutnya, hologram pada formulir C & C1 sebanyak 20 keping di 28-45 Kelurahan Metro, 4 keping di TPS 24-27 Kelurahan Banjarsari, 8 keping di TPS 28-35 Kelurahan Iringmulyo dan 19 keping di TPS 17-19 di Kelurahan Mulyojati.

“Namun, kekuarangan itu telah dibuat berita acaranya yang ditandatangani oleh Ketua Partai Politik di Kota Metro, dengan diwakilkan Ketua Partai Gerindra, Nasdem, Garuda, Berkarya, Perindo, PPP, PSI, dan PAN,” jelasanya kepada radarlampung.co.id, Selasa (16/4).

Meskipun demikian, pihaknya telah mendapatkan surat edaran Ketua KPU RI No. 599/PP.10.2-SD/07/KPU/IV/2019 yang menyatakan bahwa KPU kabupaten/kota boleh melakukan penggandaan formulir C & C1 berhologran yang mengalamai kerusakan dan kekuarangan.

“Apabila yang teridentifikasinya di KPU kabupaten dan kota, sebagai pengganti hologram dapat dibubuhkan tandatangan atau paraf ketua KPU dan di cap stempel basah KPU/KIP kabupaten/kota,” terangnya.

Sedangkan, bila teridentifikasinya di TPS, maka ketua KPPS berkoordinasi dengan PPS untuk meminta pemenuhan kerusakan/kekurangan/kesalahan lembaran/halaman. Ketua KPPS dapat menandatangai/paraf sebagai pengganti hologram.

Selanjutnya, pada setiap lembar ditandatangani/paraf oleh pengawas TPS dan saksi peserta pemilu yang hadir dan bersedia. Ketua KPPS membuat catatan kejadian khusus dalam formulir model C2. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi