oleh

Suara Ribuan Pemilih di Rumah Sakit Terancam Tak Tersalurkan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ribuan pemilih yang saat harri pencoblosan tengah berada di sembilan rumah sakit di Bandarlampung terancam tidak dapat menggunakan hak pilihnya. Alasannya, jumlah surat suara yang disiapkan KPU tak memenuhi total pemilih yang telah di data oleh KPU Bandarlampung.

Dalam data yang diterima radarlampung.co.id, dari sembilan rumah sakit di Bandarlampung yang telah masuk dalam DPT (daftar pemilih tetap) Pemilu 2019 hanya tercatat 511 orang. Sementara surat suara yang disiapkan hanya 527 berdasarkan DPT per Tempat Pemungutan Suara (TPS) ditambah 2 persen.

Namun, hasil pendataan hingga H-2 atau pada 16 April 2019, KPU Bandarlampung justru mendata total pemilih yang terdiri dari karyawan, pasien dan keluarga pasien menjadi 4.033 pemilih. Hal ini tidak sebanding dengan stok surat suara yang dimiliki KPU Bandarlampung hanya sebanyak 527.

Terkait hal ini, Komisioner KPU Bandarlampung Feri Triatmojo membenarkan jumlah pemilih yang bertambah dari hasil pendataan setiap rumah sakit. “Iya benar itu hasil pendataan dari laporan setiap rumah sakit,” kata Feri, Selasa (16/4).

Menurutnya, sampai saat ini surat suara yang telah disiapkan KPU hanya yang masuk dalam DPT. “Iya jadi yang kita siapkan hanya yang masuk DPT. Tidak ada suara tambahan khusus untuk mereka karena KPU RI tidak memberikan tambahan surat suara berdasarkan laporan KPU provinsi Lampung,” jelas Feri.

Untuk itu, sambung dia, pihaknya memiliki opsi untuk mengakomodir suara pemilih di sembilan rumah sakit tersebut dengan mengandalkan surat ssuara sisa TPS terdekat. “Iya jadi upaya terakhir adalah pergeseran surat suara dari TPS lainnya, namun dilihat kondisi surat suara di TPS jika tidak tersisa maka tidak bisa dilakukan,” tandasnya. (rma/kyd)

 

Data Pemilih Rumah Sakit dan DPT

Rumah Sakit          DPT+2%            Karyawan+Keluarga Pasien

RSUDAM                 77                    1065

DKT                        37                    456

Advent                    59                    442

Dadi Tjokro Dipo      55                    236

Bumi Waras             54                    356

Bintang Amin            89                    469

Urip Sumoharjo        56                    222

Immanuel                 37                    469

Graha Husada           63                    318

Total                        527                  4.033

Sumber: KPU Bandarlampung

Komentar

Rekomendasi