oleh

Aduh, Surat Suara di Lambar Kurang

radarlampung.co.id – Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Lampung Barat,  mengalami kekurangan surat suara.  Hal ini diakui oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lambar.

Pelaksana Teknis dan Hupmas KPUD Lambar Andri Oktoridhon mengatakan, terjadinya kekurangan surat suara di sejumlah TPS itu  disebabkan karena kesalahan dalam proses packing. “Ya benar seperti itu, ada kekurangan surat suara di beberapa TPS saat sedang berlangsung pemungutan,” ungkap Andri kepada awak media, Rabu (17/4).

Andri berdalih tidak mengetahui pasti berapa TPS yang kekurangan surat suara tersebut. Menurutnya, kekurangan surat suara hampir terjadi hampir di setiap kecamatan.

“Setiap kecamatan TPS ada yang kekurangan surat suara. Kami sedeng berupaya untuk mencukupi kekurangan surat suara dengan mengalihkan surat suara lebih dari TPS terdekat,” ujarnya.

Dengan langkah itu yang bisa dilakukan, sejauh ini belum ada pengeseran surat suara antar kecamatan untuk mencukupi kekurangan TPS karena surat suara sisa sudah habis dimusnahkan.

“Kita berkordinasi dengan Bawaslu dan Kepolisian untuk penggeseran surat suara dari TPS yang memiliki surat suara lebih untuk ke TPS yang kekurangan,” kata dia.

Menurutnya, terjadi kekurangan surat suara di TPS karena kesalahan saat peking sebelum pendistribusian logistik.

“Berawal dari peking yang salah. Ada yang salah letak sampai salah isi (jumlah suara). Ya karna, waktu juga yang memang mepet. Dari logistik datang sampai pendistribusiannya,” katanya. (nop/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi