oleh

Mahasiswa Darmajaya Mulai Belajar di UUM

radarlampung.co.id- Mahasiswa Academic Visit Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mulai menjalani pembelajaran dalam kelas di Universiti Utara Malaysia (UUM) pada Senin (15/4).

Wakil Rektor IV IIB Darmajaya, Prof. Zulkarnain Lubis, M.S., Ph.D., memberikan materi dalam seminar di ruang rapat utama Sekolah Komputer Kampus UUM dengan materi Peran Usaha Kecil dan Menengah dalam Ekonomi Rakyat. Tujuan seminar dalam rangka berbagi keilmuan antara IIB Darmajaya dengan mahasiswa dan akademisi sekolah komputer UUM.

“Pengembangan usaha mikro akan berkontribusi diversifikasi ekonomi dan perubahan struktural sebagai prasyarat untuk pertumbuhan ekonomi jangka panjang yang stabil dan berkelanjutan. Pengembangan UMKM ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap upaya mengatasi ekonomi dan masalah sosial di negara,” ujarnya.

Prof. Zulkarnain menerangkan, UMKM tidak terlalu terpengaruh oleh tekanan eksternal dan tidak tergantung pada komponen impor. Hal tersebut biasanya memanfaatkan bahan baku dan sumber daya lokal yang lebih murah dan lebih mudah serta menghemat devisa.

“Dua kunci penting dalam mengatasi permasalahan UMKM agar selalu tumbuh yaitu kreativitas dan inovasi. Dimana kreativitas dengan membuat ekonomi kreatif dan inovasi produk,” imbuhnya.

Menurutnya, kreativitas merupakan, pemikiran hal-hal baru, sementara inovasi adalah melakukan hal-hal baru.

“Setelah itu, kreatif dan inovatif disinergikan dengan Information Technology (IT) dengan menggunakan digital dalam market atau penawarannya. Seperti kerajinan tangan, kuliner, pertanian dan peternakan,” pungkasnya.

Mahasiswa Academic Visit mengikuti pembelajaran sesuai dengan jurusannya, yakni mahasiswa komputer mengikuti kuliah dengan pengajar Prof. Dr. Suhaidi Hassan yang memberikan materi InterNetWorks Research Lab di Training Room kampus UUM. Sedangkan, mahasiswa jurusan Ekonomi kampus biru menerima materi dari Dr. Mohd Rashdan Sallehudin dan Dr. Maha Mohamed Yusr Othman pada pagi hari pukul 10.00 – pukul 11.30 waktu setempat dengan judul Prinsip-prinsip Manajemen. (rls/rur/wdi)

Komentar

Rekomendasi