oleh

Presiden Terpilih, Dengarlah Harapan Penyandang Tunanetra Ini

radarlampung.co.id. Siang itu sekitar pukul 10.15 WIB Rabu (17/4), seorang wanita berjalan secara perlahan menuju TPS 015, Gang Mali, Jalan Karet, Sumberrejo, Bandarlampung.

Wanita tersebut menggunakan kerudung hitam, panjang dan daster merah bermotif. Jalan lambatnya, dibantu dengan tongkat stainlist silver, hingga akhirnya ia masuk ke TPS. Wanita itu Kamila Putri (21) namanya.

Di TPS tersebut, terlihat janur kuning di depan pintu masuk bak seperti Pesta pernikahan, di empat sudut TPS yang dibatasi dengan kain putih dan biru tersebut, terdapat empat buah pisang, yang diletakan di setiap sudut TPS, menambah susana kesederhanaan alami TPS 015, Gang Mali, Jalan Karet, Sumberrejo, Kemiling.

Kedatangan Kamila langsung disambut seorang pria berbaju putih. Kemudian ia diarahkan ke meja PPS untuk mendaftar.

Usai Mendaftar, Kamila duduk di barisan ketiga kursi, bersama warga lainnya. “Kamil Putri,” ucap seorang petugas KPPS.

Kamila lantas berdiri dan disambut langsung oleh dua orang. Satu pria dan satu wanita. Kamila kemudian dituntun menuju meja tempat surat suara disusun. Lima kertas suara dengan warna abu-abu, kuning, Merah, biru, dan hijau.

Masih dengan jalan lambat sesekali terhenti, Kamila menuju di bilik suara TPS tersebut. Terlihat dua petugas tersebut mengarahkan, wanita penyandang tuna netra tersebut untuk memberikan suara kepada calon yang ia ingin pilih.

Ternyata wanita tersebut tak mengetahui nama para caleg baik ditingkat kabupaten kota, maupun RI yang akan ia pilih.

“Yang saya tau cuma dua calon presiden aja, saya niatnya ke sini, cuma mau milih presiden aja,” katanya usai mencoblos.

Tak ada harapan besar darinya untuk presiden yang terpilih, namun satu pesan ia harap agar presiden terpilih bisa mewujudkan apa yang ia impikan.

“Kedepannya saya harap, pemilih tunanetra lainnya diberikan sosialisasi tahapan pemilihan, baik DPRD maupun presiden, dan ada yang memberikan bimbingan agar para tunanetra. Harapan selanjutnya, semoga presiden terpilih, bisa memperhatikan kaum tunanetra seperti kami,” katanya.(gar/wdi)

Komentar

Rekomendasi