oleh

TPS 03 Labuhanratu Suguhkan Nuansa Adat Lampung

Radarlampung.co.id – Nuansa adat Lampung kental terasa ketika berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03  di Gedung Balai Adat Sesat Agung, jalan Beringin, Kelurahan Labuhan Ratu, Bandarlampung.

Berdasarkan pantauan radarlampung.co.id, Gedung adat pepadun diubah menjadi TPS Khas Lampung, terlihat pernak pernik siger di bilik suar, payung-payung yang menggantung diatas gedung dan tidak ketinggalan para petugas KPPS yang mengenakan baju adat Lampung.

Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Iklil Hir mengatakan bahwa dirinya beserta para anggota sengaja mengenakan baju adat Lampung untuk mendorng antusias masyarakat menyalurkan suaranya.

“Ini kita lakukan untuk menarik daya tarik para peserta pemilu juga agar mereka antusias untuk menyuarakan hak pilihnya. Idenya karena takut hujan jadi kita buat di dalam balai adat ini, dan ada sembilan anggota kita yang mengenakan sarung tenun tapis,” Kata Iklil saat ditemui di lokasi TPS, Rabu(17/4).

Selain itu, TPS yang sudah dua kali menggunakan tema adat ini terlihat cukup berbeda, selain mengenakan baju adat, masyarakat yang sudah menyalurkan hak pilihnya langsung mendapat snack dan minum gratis.

“Disini jumlah DPT 178, kita memakai tempat ini tidak bayar, hanya kalau menggunakan dana dari pemerintah itu tidak cukup. Jadi kami para panitia inisiatif untuk sumbangan membeli makanan kecil seperti ini,” tandasnya. (Mel/kyd)

Komentar

Rekomendasi