Lifestyle Khasiat Jus Daun Pepaya untuk Kesehatan

Khasiat Jus Daun Pepaya untuk Kesehatan

Foto ist

radarlampung.co.id–  Rasanya yang pahit tak menyurutkan masyarakat untuk mengosumsi daun pepaya. Biasanya dimakan sebagai lalapan. Namun, di balik rasa pahitnya, daun pepaya memang kaya vitamin dan mineral serta antioksidan.

Dilansir dari jawapos.com yang mengutip Style Craze Selasa Kamis (18/4), daun pepaya dapat mengobati demam karena parasit dan bermanfaat bagi kekebalan daya tahan tubuh. Selain dimakan sebagai lalap, daun pepaya juga bisa dikonsumsi dengan cara membuat jus atau menghancurkan daun pepaya muda.

Ekstrak kental dan pahit ini diencerkan dengan air untuk membuat jus yang lebih lembut, yang bisa dikonsumsi.

Jus daun pepaya adalah salah satu minuman detoks karena mengandung vitamin A, B, C, dan E dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Daunnya memiliki phytochemicalyang tinggi seperti saponin, tanin, alkaloid, dan flavonoid, terutama β-karoten, yang bekerja bersama untuk membersihkan darah dan meningkatkan peredaran darah.

Berikut penjelasan 6 manfaat jus daun pepaya termasuk bisa menaikkan trombosit.

Naikkan Trombisit

Demam berdarah seringkali mengancam jiwa. Gejalanya demam tinggi, ruam, sakit kepala, nyeri sendi otot, menggigil, dan sakit mata. Pada akhirnya, semua ini menyebabkan berkurangnya jumlah trombosit dalam tubuh.

Belakangan viral informasi bahwa daun pepaya bisa menaikkan trombosit saat seseorang terkena Demam Berdarah Dengue (DBD). Minum 25 mL jus daun pepaya (dalam air) dua kali sehari meningkatkan jumlah trombosit dan mengurangi keparahan infeksi.

Anti Malaria

Sebuah studi pada tikus tahun 2011 menunjukkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat secara efektif mengobati malaria. Ini memiliki sifat plasmodiastatik, yaitu memperlambat laju pertumbuhan Plasmodium dalam tubuh, secara tidak langsung mengendalikan demam malaria. Jus daun pepaya meningkatkan kadar antioksidan pada pasien, sehingga mencegah anemia akibat malaria. Tetapi perlu penelitian yang lebih mendalam dan uji klinis.

Sehatkan Pencernaan

Makan daun pepaya muda atau minum jusnya dapat mengatasi masalah pencernaan seperti kembung, mulas karena refluks asam, sembelit, dan buang air besar yang keras. Daun pepaya memiliki banyak antioksidan dan senyawa aktif seperti papain, chymopapain, dan serat esensial, dan meningkatkan nafsu makan.

Lindungi Hati

Hiperkolesterolemia atau kadar kolesterol tinggi dalam serum menyebabkan penyakit kardiovaskular kompleks, obesitas, dan penyakit hati. Memilih alternatif seperti jus daun pepaya dapat membersihkan darah dengan menurunkan kadar kolesterol. Ini terjadi karena beberapa pitosterol dalam jus daun pepaya memiliki struktur yang mirip dengan kolesterol jahat (LDL).

Anti Kanker

Mengonsumsi jus daun pepaya dapat meningkatkan aktivasi komponen utama sistem kekebalan tubuh seperti pasien kemoterapi kanker.

Anti Radang dan Nyeri

Ekstrak daun pepaya menunjukkan efek antiinflamasi yang kuat karena adanya polifenol, saponin, dan alkaloid yang merupakan analgesik alami dan agen antinosiseptif. Minum jus daun pepaya membantu dalam pengobatan sejumlah kondisi radang sendi, diabetes tipe 2, asma, penyakit iritasi usus, periodontitis, ISK, luka lambung, luka akut dan bengkak, luka bakar, bronkitis, pneumonia, mulas, mulas, penyakit kardiovaskular, sirosis, tendonitis, kram menstruasi, migrain, dan sakit kepala.(jpc/net/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini