Lampung Raya Pemugaran Tugu Garuda Tunggu Saran Tokoh Adat

Pemugaran Tugu Garuda Tunggu Saran Tokoh Adat

Tugu Garuda di depan terminal induk Menggala yang akan segera di Pugar Pemkab Tulangbawang. FOTO M. ZAINAL ARIFIN/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemugaran Tugu Garuda yang terletak di depan terminal induk Menggala akan dilaksanakan tahun ini. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang menyiapkan Rp5 miliar untuk wacana tersebut.

Akan tetapi, Pemkab Tulangbawang masih akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan tokoh adat Megou Pak Tulangbawang.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tulangbawang M. Puncak Stiawan.

“Sebelum pelelangan atau perencanaan, kita akan koordinasi dengan tokoh adat Megou Pak terlebih dahulu. Kita akan minta masukan dan saran kepada tokoh adat terkait pemugaran Tugu Garuda,” kata Puncak kepada radarlampung.co.id, Jumat (19/4).

Menurutnya, koordinasi dilakukan karena pihaknya akan banyak menambahkan nilai-nilai kearifan lokal, serta tentang bagaimana idealnya ornamen yang ada pada Tugu Garuda pada saat pemugaran agar sesuai nilai histori kearifan lokal adat Megou pak Tulangbawang.

“Karena Tugu Garuda ini sudah menjadi ikon yang memiliki nilai kearifan lokal masyarakat Tulangbawang. Jadi untuk menjaga nilai kearifan lokal ini kita akan minta saran dan masukan tokoh adat terlebih dahulu terkait ideal pemugarannya,” terang mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan itu.

Dilanjutkannya, saat ini rencana pemugaran Tugu Garuda belum masuk tahap perencanaan. Untuk itu, pihaknya belum dapat memastikan apakah akan ada perubahan secara utuh atau tidak pada fisik Tugu Garuda.

Mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tulangbawang itu menjelaskan, untuk rencana pemugaran Tugu Garuda pihaknya telah menganggarkan Rp5 miliar.

“Tahap pertama yang sudah tayang di RUP itu sejumlah Rp5 miliar. Itu sumbernya dari APBD Tulangbawang. Kalau memang anggaran ini dirasa cukup, berarti clear. Pelaksanaannya dimulai setelah ada masukan dan saran tokoh adat,” ungkapnya.

Beberapa waktu lalu, Bupati Tulangbawang Winarti juga mengatakan hal serupa. Dan, selain Tugu Garuda, tahun ini Pemkab Tulangbawang juga akan mulai membangun ikon di dua titik lainnya.

Keduanya yakni gerbang di perbatasan Tulangbawang-Lampung Tengah yang terletak di Kampung Astra Ksetra dan satu ikon lainnya di Simpang Penawar, Kecamatan Banjarmargo.

“Iya, Insyaallah tahun ini jadi (dibangun). Gerbang, Tugu Garuda, dan Simpang Penawar,” katanya kepada radarlampung.co.id usai mencoblos di TPS 1, Kampung Astra Ksetra, Kecamatan Menggala, Tulangbawang, Rabu (17/4) lalu.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini