Lampung Raya Siap-siap, Ada Festival Budaya di Taman Purbakala Pugungraharjo

Siap-siap, Ada Festival Budaya di Taman Purbakala Pugungraharjo

radarlampung.co.id – Festival Budaya Tradisional di Taman Purbakala Pugungraharjo akan memeriahkan rangkaian peringatan HUT Ke-20 Lampung Timur. Kegiatan lain yang dimulai sejak 26-28 April ini adalah wisata jelajah cagar budaya, jalan sehat dan fun bike, pawai budaya, pagelaran tari daerah, bazar kuliner, ragam musik tradisional, stand up comedy, agrowisata dan pameran budaya.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Timur Tabrani Hasyim melalui Kepala Bidang Kebudayaan Meida Ulfah menjelaskan, Festival Budaya Tradisional juga dilaksanakan dalam upaya meningkatkan potensi wisata.

Baca :   Bupati Lamtim Digugat Anak Buah, Yuliansyah Kembali Jabat Kadisdikbud

“Kemudian untuk melestarikan warisan budaya yang tumbuh dan berkembang di Lampung Timur,” kata Meida, Jumat (19/4).

Dilanjutkan, masyarakat Lampung Timur  terdiri dari berbagai suku yang ada di Indonesia. Karena itu, budaya yang tumbuh dan berkembang di kabupaten tersebut juga sangat beragam.

“Taman Purbakala Pugungraharjo dipilih sebagai lokasi festival karena merupakan situs bersejarah zaman Megalithik (batu besar) yang masih terpelihara hingga saat ini,” ujarnya.

Baca :   Di Lamtim, Banyak Angkutan Tak Layak Jalan

Selain rangkaian acara yang dihelat pada festival tersebut, pengunjung juga dapat menyaksikan kemegahan berbagai situs bersejarah yang ada di Taman Purbakala Pugungraharjo. “Festival Budaya Tradisional juga merupakan upaya meningkatkan potensi wisata edukasi,” tegas Meida didampingi Kepala Seksi Kesenian Ketut Suhandika.

Diketahui,  dari sejumlah literatur, kebudayaan Megalitik masuk ke Indonesia berbarengan dengan masuknya bangsa ras Austronesia atau sekitar tahun 2.500-1.500 sebelum masehi. (wid/ais)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini