Pemilu 2019 Form C1 Banyak Salah, Bawaslu Lambar : Langsung Rekom untuk Dirubah

Form C1 Banyak Salah, Bawaslu Lambar : Langsung Rekom untuk Dirubah

Ketua Bawaslu Lambar M. Farid Ardiles. Foto Nopriyadi/rnn/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Barat, banyak menemukan kesalahan penulisan dalam form C1 yang diplenokan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lampung Barat, Minggu (21/4).

Kesalahan tersebut ditemukan hampir menyeluruh di seluruh kecamatan. Dan temuannya yakni berupa kesalahan dalam penulisan perolehan suara, yang merugikan salah satu calon dan menguntungkan calon lain.

Namun, Bawaslu memaklumi kesalahan tersebut, dan hanya meminta PPK untuk merubah sesuai data sebenarnya saat itu juga.

Ketua Bawaslu Lambar M. Farid Ardiles mengatakan, temuan tersebut hampir menyeluruh di tingkat kecamatan. Namun dipastikan, kesalahan tersebut sudah dirubah kembali sesuai data C1 di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) sebelum pleno di tingkat kecamatan dilaksanakan.

Baca :   Lambar Ditarget Jadi Pilot Project Kemitraan Konservasi

“Jadi temuan-temuan itu langsung kami rekomendasikan kepada PPK untuk diganti dirubah saat itu juga, dan alhamdulillah hasil yang diplenokan sudah dikembalikan pada data yang sebenarnya, ” ungkap Ardiles.

Sementara disinggung soal adanya indikasi pergeseran suara dari satu Caleg ke Caleg lainnya, ia mengatakan bahwa itu tidak terjadi, mengingat jajarannya betul-betul mengawal C1 dari tingkat PPS hingga tingkat PPK.

Baca :   Dirjen KSDAE Buka Kontes dan Pameran Bonsai Nasional di Lambar

“Jadi untuk informasi itu sebenarnya berkaitan dengan temuan kesalahan penulisan C1 ya, tapi kan sudah kami temukan dan langsung kami minta dirubah kembali sesuai data awal, sehingga insha Allah tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh oknum maupun kelalaian terjadi pada seluruh tahapan Pemilu 2019,” kata dia.

Ia juga menegaskan, bahwa hasil pleno di tingkat kecamatan juga akan dikawal sampai pleno di tingkat kabupaten. Termasuk pihaknya juga akan memantau proses sistem penghitungan (Situng) yang dilakukan KPUD Lambar saat ini. (nop/rnn/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini