Pemilu 2019 Soal Hasil Hitung Suara, KPU Tubaba Prediksi 27 April Rampung

Soal Hasil Hitung Suara, KPU Tubaba Prediksi 27 April Rampung

foto ilustrasi

radarlampung.co.id-Pemungutan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) telah usai. Rekapitulasi penghitungan suara sedang berlangsung di tingkat kecamatan melalui rapat pleno terbuka oleh asing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Berdasarkan keterangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tubaba, diketahui bahwa waktu dimulainya Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara di tingkat PPK tersebut berlangsung variatif.

Ada yang sudah memulai pleno pada Jum’at (19/4), antara lain di Kecamatan Tulangbawang Tengah, Tulangbawang Udik, Tumijajar, Batu Putih dan Lambu Kibang. Disusul Kecamatan Pagar Dewa, Gunung Terang, dan Way Kenanga pada hari Sabtu (20/4). Terakhir yakni Kecamatan Gunung Agung yang baru memulainya Minggu (21/4).

Baca :   KPU Tanggamus Ajukan Pelantikan Anggota DPRD Terpilih

KPU Tubaba memperkirakan, rekapitulasi di tingkat kecamatan selesai sebelum batas waktu yang ditetapkan. Sesuai tahapan, rekapitulasi tingkat kecamatan dilaksanakan mulai tanggal 18 April sampai dengan 4 Mei. ”Tapi, kita memprediksi tanggal 27 April sudah selesai,” ungkap Ketua KPU, Ismanto melalui, Komisioner KPU Tubaba Divisi Teknis Gatot melalui telepon, Minggu (21/4).

Menurutnya, setelah rekapitulasi di tingkat PPK selesai, selanjutnya kegiatan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 akan dilaksanakan di tingkat KPU Kabupaten Tubaba.

Baca :   Umar Kukuhkan 30 Anggota Paskibra Tubaba

”Sesuai tahapan, rekapitulasi tingkat kabupaten dilaksanakan pada tanggal 22 April-7 Mei. Jadi kalau ditingkat PPK bisa selesai sesuai dengan prediksi kita tersebut (27 April), maka tanggal 30 April rekapitulasi tingkat kabupaten sudah kita mulai,” ujarnya.

Melalui rekapitulasi, lanjutnya, KPU Tubaba akan menetapkan perolehan suara Pemilu 2019 untuk tingkat kabupaten setempat, baik Pemilu Presiden dan Wakil Presiden ataupun Pemilu Legislatif.

“Untuk menentukan kursi DPRD Tubaba final di tingkat kabupaten, sedangkan Pilpres, DPRD Provinsi dan seterusnya penetapannya berjenjang,” katanya (fei/rnn/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini