Lampung Raya Hari Kartini, Loekman Harap Banyak Wakil Perempuan Terpilih

Hari Kartini, Loekman Harap Banyak Wakil Perempuan Terpilih

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemkab Lampung Tengah (Lamteng) memperingati Hari Kartini Ke-140 di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Senin (22/4). Acara bertema “Dengan Semangat Kartini, Kita Tingkatkan Pemberdayaan dan Kebangkitan Perempuan dalam Pembangunan” itu diisi dengan seminar kesehatan kulit, lomba gitar klasik, dan lomba tapis tuho.

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto menuturkan, peringatan Hari Kartini Ke-140 ini terasa berbeda karena barus selesai Pemilu 2019. “Nuansanya memang berbeda. Kita baru usai melaksanakan Pemilu 2019,” katanya.

Harapannya, kata Loekman, sebanyak-banyaknya keterwakilan kaum perempuan bisa terpilih. “Ini sebagaimana telah dilaksanakan di pemda, jabatan-jabatan strategis sudah diwakili kaum perempuan. Ada lima eselon II serta eselon III dan IV tak terhitung. Camat baru satu orang dari 28 kecamatan. Kita akan seleksi lagi. Karena itu, kepada kaum perempuan di Lamteng bisa menunjukkan prestasinya,” katanya.

Terkait peringatan Hari Kartini yang diisi Lomba Tapis Tuho dan Gitar Klasik Tunggal, Loekman menyatakan bahwa agar semuanya mengingat sejarah. “Tadi saya lihat ada tapis yang berusia 160 tahun. Ini berarti budaya dan hasil karya seni kita sudah luar biasa. Ini harus dipertahankan,” ujarnya.

Sekarang ini, kata Loekman, generasi muda cenderung malas untuk pakai tapis atau belajar seni klasik gitar tunggal. “Sekarang banyak yang malas mengembangkan dan mengenakannya. Beratlah, malulah. Macam-macam alasannya. Ini harus dibudidayakan lagi supaya budaya leluhur tidak hilang ditelan zaman,” ungkapnya. (sya/sur)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini