Ekonomi Bisnis IMA Bagikan Rahasia Berbisnis

IMA Bagikan Rahasia Berbisnis

ILUSTRASI/FOTO NET

radarlampung.co.id – Indonesia Marketing Association (IMA) Lampung menggelar kegiatan Inspiring Season dan Workshop, di Ballroom Hotel Sheraton, Selasa (23/4). Kegiatan ini ditujukan bagi mahasiswa dan masyarakat umum di Lampung yang ingin mengenal lebih jauh tentang dunia bisnis.

President IMA Lampung, H. Heri Andrian SE, MM, mengatakan Entrepreneur Inspiring Season dan Workshop ini merupakan kegiatan pertama yang digelar IMA Lampung. Namun sejauh ini, masyarakat dan mahasiswa cukup antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Sudah ada 30 pendaftar, sebenarnya pendaftar masih banyak tertapi pendaftaran sudah ditutup. Pesertanya berasal dari Universitas Bandar Lampung (UBL), Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, serta masyarakat umum,” jelasnya.

Pada kegiatan tersebut, lanjut dia, seminar akan diisi oleh pembicara yang merupakan Owner Bebek Belvr dan Owner Griya Com. “Kita berharap peserta workshop ini ada yang bisa berhasil beneran. Target kita gak muluk-muluk karena nanti akan dimentorin setelah workshop ini,” tambahnya.

Masih kata dia, peserta yang serius untuk menjalankan bisnis nantinya akan dibina hingga bisnis dapat berjalan dan terus dimonitoring. “Karena kita kan banyak jadi bisa memonitoring. Termasuk kalau kurang uang nanti juga akan dibantu,” urainya.

Heri menjelaskan, proposal bisnis yang diajukan oleh peserta nantinya harus menarik dan berjalan. Sebab pihaknya berharap bisa mendapatkan bukti komplet. Hal ini, juga merupakan bagian dari pemberdayaan sekaligus mendidik.

IMA, sambung Heri, saat ini fokus dalam pemberdayaan pendidikan, UMKM, pariwisata, dan industri kreatif. “Kita fokus empat hal dalam program IMA. Ini juga bagian dari industri kreatif,” jelasnya.

Sementara itu, Owner Bebek Belvr, Arif Firmawan mengatakan, dirinya akan membagi kisahnya sejak awal dalam membangun usaha kuliner yang kini telah berkembang.

“Ya besok akan menginspiring mahasiswa untuk berwirausaha. Memulai bisnis gimana dan sampai sekarang gimana. Kalau dulu kan susah dari mereka untuk mendapatkan sharing langsung,” ungkapnya.

Arif-sapaan akrabnya-mengaku dahulu juga sempat terinspirasi cerita dari pengusaha lain dalam memulai bisnisnya. “Saya juga terinspirasi dari orang yang berbagi kisah seperti ini. Ini terjadi pas saya juga menjadi mahasiswa. Harapannya bisa terinspirasi dan membuka usaha seperti kami,” tandasnya.

Hal serupa juga diungkapkan Owner Griyacom, H. Rico Dezi Arfiansyah, S.E., M.M., yang mengaku akan menceritakan bisnis yang awalnya hanya dimulai dengan modal Rp100 ribu. Namun, saat ini bisnis Rico bisa mendapat omset sampai miliaran.

“Marketplace yang akan saya bagi seperti di Bukalapak, Lazada, dan lainnya bagaimana dari awalnya bisa sukses. Saya memulainya dari Rp100 ribu sampai Rp1 M. Bisa buka bisnis dari rumah jual baju, kue dan jasa lainnya,” tuturnya.

Rico juga akan memberikan tips agar dapat memulai bisnis dengan baik. “Dari semua peserta juga akan diberikan pemahaman DISC karena tidak semua jadi pengusaha,” pungkasnya. (ega/rls/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini