Bandarlampung BMKG: Hujan Merata di Wilayah Lampung

BMKG: Hujan Merata di Wilayah Lampung

Hujan yang terjadi di kawasan Telukbetung Utara, Bandarlampung, Selasa siang (23/4). BMKG Lampung memperkirakan hujan merata di seluruh wilayah. FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID
Hujan yang terjadi di kawasan Telukbetung Utara, Bandarlampung, Selasa siang (23/4). BMKG Lampung memperkirakan hujan merata di seluruh wilayah. FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Lampung, Selasa (23/4). Untuk Bandarlampung, hujan turun sejak pagi hingga siang.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung Rudi Haryanto mengatakan, hal ini terjadi karena banyaknya gumpalan awan penghasil hujan.

“Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan akan berlangsung siang hari. Meliputi wilayah Bandarlampung Blambanganumpu, Gunungsugih, Kalianda, Kotaagung, Kotabumi, Liwa, Metro dan Sukadana. Sedangkan malam harinya, hujan dengan intesitas lebat diperkirakan terjadi pada wilayah  tersebut,” kata Rudi.

Baca :   Lampung Masih Berpotensi Hujan Lebat

Rudi juga mengungkapkan, hal lain yang menyebabkan hujan di seluruh wilayah Lampung dipengaruhi sirkulasi Eddy. “Adanya sirkulasi Eddy di sebelah Barat Lampung, sehingga terbentuk konvergensi. Khususnya di Lampung bagian Selatan sampai Barat,” sebut dia.

Kondisi ini juga dipengaruhi hangatnya suhu muka laut di sekitar Lampung, berkisar antara 30oC – 31oC dengan anomali berkisar antara 1-2. “Ini menyebabkan pertumbuhan awan di Lampung menjadi signifikan atau banyak,” urainya.

Baca :   Penghargaan untuk Marga Way Napal yang Ikut Menjaga Kamtibmas di Pesbar

Terkait kondisi tersebut, BMKG Lampung  menghimbau masyarakat selalu waspada dengan kemungkinan yang ditimbulkan. “Selalu waspada bila mana ada dampak yang akan timbul,” tegasnya. (mel/ais)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini