Ekonomi Bisnis Mau Mulai Usaha, Lakukan Analisa Pasar dan Peluangnya

Mau Mulai Usaha, Lakukan Analisa Pasar dan Peluangnya

Radarlampung.co.id – Owner Bebek Belur Grup, Arif Firmawan mengaku memiliki kisah menarik sebelum memutuskan untuk fokus pada bisnis kulinernya. Intinya, pebisnis harus jeli melihat peluang pasar, sehingga usaha yang akan dijalankan bisa maju dan berkembang.

Menurutnya, jiwa enterpreneurship muncul sejak duduk di bangku kuliah. tepatnya pada semester 4, dirinya bahkan rajin ke perpustakaan hanya untuk membaca majalah bisnis yang menguak kisah para enterpreuner di dalamnya.

“Dulu ada kuliah kewirausahaan namanya. Di kelas itu, saya kemudian mendapat tugas untuk mewawancarai pada pengusaha sukses,” kata Arif saat membagi kisah dalam acara Enterpreuner Inspiring Session and Workshop yang digelar Indonesia Marketing Asosiation (IMA) chapter Bandarlampung di Hotel Sheraton, Selasa (23/4).

Sebelum membuka usaha kulinernya, Arif mengaku sempat bekerja sebagai karyawan di PT Garuda Indonesia. Setelah 8 tahun bekerja, Arif lantas memantapkan diri untuk mundur dan mulai mengembangkan bisnis kulinernya.

“Saya mengambil keputusan untuk resign setelah 8 tahun bekerja di Garuda Indonesia. Memang tidak serta merta keluar begitu saja karena saya juga melihat kemampuan. Namun saya bisa memutuskan karena melihat peluang usaha,” tuturnya.

Arif melanjutkan, memasuki dunia bisnis juga bukan satu hal yang mudah. Menurut dia, untuk memulai usaha, pelaku bisnis harus mampu menganalisa pasar dan peluang yang ada untuk bidang bisnis yang akan dijalani.

“Melihat peluan itu penting, karena ketika saya memulai usaha, usia saya sudah 30 tahun. Kalau bisnis tidak berjalan baik karena tidak bisa menangkap peluang, bisa berbahaya,” pungkasnya. (ega/kyd)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini