Ekonomi Bisnis Pebisnis Harus Ikuti Perkembangan Jaman

Pebisnis Harus Ikuti Perkembangan Jaman

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kemajuan teknologi digitalisasi kini membuka peluang usaha semakin besar. Hal ini dibuktikan dengan semakin menjamurnya bisnis online. Bahkan pebsinis yang memanfaatkan teknologi ini angkanya terus meningkat.

Hal tersebut diungkapkan Founder and Owner Griyacom Group, Rico Dezzi dalam acara Enterpreuner Inspiring Session and Workshop yang digelar Indonesia Marketing Association (IMA) chapter Bandarlampung di Hotel Sheraton Lampung, Selasa (23/4).

“Sama saja seperti handphone, dulu dianggap sebagai barang mahal. Tapi sekarang coba lihat, tidak ada orang yang gak punya handphone. Jadi bukan lagi sesuatu yang mahal, sudah menjadi kebutuhan. Begitu juga dengan bisnis online,” kata Rico.

Ia menambahkan, jika dulu peluangan bisnis online hanya 1 persen, namun saat ini telah meningkat hingga 10 persen. Bahkan, banyak juga toko konvensional yang tutup karena kecenderungan konsumen yang lebih senang berbelanja online.

“Jadi semua itu akan online pada waktunya. Mau tidak mau kita harus mengikuti jaman. Kalau tidak bisa mengikuti jaman, ya akan jadi masalah untuk bisnis kita ke depannya,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rico juga membagikan berbagai pengalamannya saat merintis bisnis Griyacom Group. Hingga saat ini, dia sendiri tidak hanya memiliki toko komputer besar yang menjual produk hingga keseluruh Indonesia.

Namun juga beberapa usaha lain, seperti bisnis refleksi, usaha burung, dan beberapa bisnis online lainya. “Hal-hal itu saya mulai dari hobi. Misalnya burung, saya memang hobi. Kemudian dari sana saya bukan bisnis pakan burung dan lain-lain,” lanjutnya.

Menurut Rico, bisnis yang dijalankan tak harus selalu sama. Para pebisnis juga harus kreatif, mulai dari menentukan harga dan nilai tambah dari produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.

“Yang penting harus dicoba dulu, gagal itu tidak masalah. Karena gagal itu adalah bagian dari belajar,” pungkasnya. (ega/kyd)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini