Lampung Raya Rekapitulasi Suara Baru Rampung Satu Kecamatan

Rekapitulasi Suara Baru Rampung Satu Kecamatan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Hampir sepekan paska pencoblosan suara, rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 di Kota Metro baru merampungkan satu dari lima kecamatan yang ada.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro, Sukatno kepada Radarlampung.co.id, Selasa (23/4). “Baru satu kecamatan yang rampung, yaitu Kecamatan Metro Utara. Besok hasil rekapnya akan diserahkan ke KPU,” katanya.

Menurut dia, setelah Metro Utara menyelesaikan rekapitulasi sebentar lagi akan menyusul Metro Timur. Selanjutnya diikuti Metro Barat dua hari lagi rampung, seterusnya Metro Selatan dan Metro Pusat.

Adapun kegiatan rekapitulasi yang dilaksanakan di tingkat kecamatan mencakup validasi hasil pemungutan suara (C1 plano) dari seluruh TPS yang ada.

Selanjutnya, panitia pemilihan kecamatan (PPK) membuat berita acara dan selanjutnya diserahkan ke KPU kota. “Setelah terkumpul seluruh rekap dari kecamatan, baru dilakukan pleno ditingkat kota, hasilnya akan diserahkan ke KPU provinsi,” jelasnya.

Lanjut Sukatno, pihaknya telah menyelesaikan entry data C1 ke Aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) hingga 100 persen, sehingga tinggal menunggu validasi oleh KPU RI. “Semalam sudah terkirim semua hingga 100 persen, tapi belum bisa dipublikasikan, tapi hadil C1 plano di 465 TPS telah terkirim semua,” katanya.

Bila merujuk pada jadwal pelaksanaan rekapitukasi tingkat kecamatan diberi waktu hingga 4 Mei 2019. “Meskipun demikian, bila melihat progres yang ada, PPK bisa merampungkan rekapitulasi di bawah tanggal 30 April. Mudah-mudahan akhir bulan ini tingkat kota sudah bisa melaksanakan pleno,” tandasnya. (apr/kyd)

Baca :   Netralitas ASN Jadi Trending Pelanggaran Pemillu 2019

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini