oleh

Modal Program Unggulan, Pekon Sukanegeri Jaya Optimistis Terbaik dalam Lomba BBGRM

radarlampung.co.id – Kelebihan yang dimiliki Pekon Sukanegeri Jaya, Kecamatan Talangpadang, Tanggamus menjadikan aparat pekon optimistis wilayah itu menjadi yang terbaik dalam  lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XVI tingkat provinsi. Di mana, pekon ini memiliki program yang tidak ada di tempat lain.

Dalam pemaparannya dihadapan tim penilai, Kepala Pekon Sukanegeri Jaya Ahmad Siaruddin menerangkan, wilayah yang dipimpinnya memiliki sejumlah program unggulan terkait peningkatan perekonomian masyarakat.

Antara lain Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Unit Bagus Jaya yang bergerak dalam pembuatan golok dan alat pertanian serta Unit Sugih Hati bergerak di sektor jasa keuangan. Keberadaan unit ini membantu masyarakat dalam transaksi pembayaran listrik, menabung, tarik tunai dan lain lain.

“Selanjutnya Unit Suka Chips yang bergerak di bidang pembuatan keripik pisang dan Unit Putri Ayu di bidang pembuatan kerajinan seni budaya,” papar Ahmad Siaruddin dihadapan tim penilai lomba BBGRM tingkat provinsi yang dipimpin Yulia Megaria, Rabu ( 24/4).

Ahmad Siaruddin menambahkan, di bidang keamanan dan ketertiban masyarakat, Pekon Sukanegeri Jaya memiliki dua pos kamling yang dibangun atas swadaya masyarakat. Selanjutnya bidang lingkungan hidup, ada program gotong royong masyarakat untuk membersihkan jalan desa dan lainnya.

“Kemudian tong sampah di setiap jalan. Ada TPS sementara yang dibangun melalui dana desa,” kata dia.

Dalam bidang inovasi desa, Pekon Sukanegeri Jaya telah melakukan inovasi pelayanan administrasi. Yakni melalui aplikasi ADES. Warga cukup membawa foto kopi  KTP, maka seluruh  pelayanan akan selesai dalam waktu 5 menit.

Komentar

Rekomendasi