oleh

Tiga TPS Gelar PSU, Antusias Pemilih Tetap Tinggi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 3 TPS se-Lampung digelar, Rabu (24/4). Salah satu lokasi pemilihan ulang Pemilu 2019 berlangsung di TPS 25 Perumnas Wayhalim, Bandarlampung. Meskipun hujan sejak pagi, pemilih tetap antusias untuk menyalurkan suaranya.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono yang turut memantau langsung PSU mengatakan, pelaksanaan PSU digelaar serentak di TPS 25 Kelurahan Perumnas Wayhalim, Bandarlampung, TPS 20 Desa Karanganyar, Jati Agung, Lampung Selatan dan TPS 001 Pekonrawas, Pesisir Barat berjalan sesuai yang diharapkan.

”Iya saat ini pelaksanaan PSU di tiga TPS di tiga kabupaten/kota, semuanya berjalan baik. Sebelumhya juga KPU sudah menggelar pemungutan suara lanjutan, sudah dilaksanakan di Bengkunat, Pesisir Barat dan di Pesawaran. Hasil pantauan kami semuanya sesuai jadwal, dimulai pukul 07.00 WIB dan sampai saat ini masih banyak warga yang hadir untuk memberikan hak pilihnya,” kata Nanang.

Menurutnya, pelaksanaan PSU ini tidak mengganggu rekapitulasi di TPS lain. Di mana, proses pleno tingkat kecamatan masih berlangsung hingga saat ini. Hanya saja, TPS yang melaksanakan PSU akan dihitung paling akhir.

”Untuk plenonya, saat ini baru sampai di kecamatan, hampir rata-rata kalau sekarang kabupaten dan kota telah menyelesaikan 50-60 persen, kecuali Bandarlampung karena tergantung dinamika saksi dan lainnya. Kalau melihat PSU dilaksanakan sekarang masih masuk pleno kecamatan, namun nantinya penghitungannya di akhir,” jelas Nanang.

 

Di tempat yang sama, Anggota Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar mengatakan pelaksanaan PSU yang direkomendasikan Bawaslu sudah dilakukan. “Kami memang merekomendasikan PSU, dari pantauan kami tingkat partisipasi lumayan masyarakat yang menggunakan hak pilihnya di TPS 25 Perumnas Wayhalim, kalau soal mekanisme samakata Iskardo.

Karena PSU didasari temuan di lapangan, Iskardo memastikan semua temuan masih dalam proses. “Yang jelas proses PSU jalan dan pidana pemilunya juga terus berjalan ya terutama di Bawaslu Bandarlampung,” tandasnya. (rma/kyd)



Komentar

Rekomendasi