oleh

Empat Kotak Suara di Gudang KPU Lamteng Terbuka

adarlampung.co.id. – Sebanyak empat kotak suara hasil pleno ditemukan terbuka segelnya di gudang penyimpanan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Tengah. Kotak suara hasil pleno Kecamatan Bandarsurabaya yang berisi formulir DA, DA1, dan DAA1 ini diketahui tiba Selasa (23/4) malam.

Anggota KPU Lamteng Divisi Program dan Data Mutmainah menyatakan empat kotak suara rusak karena basah akibat hujan. “Rusak karena hujan saat diangkut dari Kecamatan Bandarsurabaya,” katanya.

Kotak suara yang berisi formulir DA, DA1, dan DAA1 ini, kata Mutmainah, terpaksa dipindahkan ke kotak yang tidak rusak. “Isinya kita pindahkan ke kotak suara yang tidak rusak. Pemindahan juga disaksikan Bawaslu dan aparat kepolisian,” ujarnya.

Mutmainah menyatakan, tidak jadi persoalan terkait formulir yang diterima KPU dan dipindahkan ke kotak yang tidak rusak. “Nggak jadi masalah. Kotak hanya berisi formulir DA, DA1, dan DAA1 hasil rekapitulasi di TPS dan kecamatan. Jika ada data yang tidak sesuai dalam pleno KPU nanti kan bisa dilihat. Semua saksi sudah pegang data C1-nya. Tinggal disamakan saja,” ungkapnya.

Sedangkan anggota Bawaslu Lamteng Divisi Penindakan dan Pengawasan Edwin Nur membenarkan bahwa ada empat kotak suara hasil pleno ditemukan rusak karena hujan. “Ya, memang ada empat kotak suara yang berisi formulir DA, DA1, dan DAA1 ditemukan rusak karena hujan. Dipindahkan ke kotak suara yang tidak rusak,” katanya. (sya/wdi)

Komentar

Rekomendasi