oleh

Pekan Depan Honorer Apoteker Mulai Bekerja, Intip Gaji Awal Mereka

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pengangkatan tenaga honor 15 apoteker untuk 12 puskesmas di Bandarlampung selesai dilakukan. Mulai pekan depan mereka sudah harus mulai bekerja.

“Ya udah selesai, jumlahnya 15 orang yang diangkat,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Bandarlampung Edwin Rusli, Jum’at (26/4).

“Minggu depan sudah masuk ke puskesmas masing-masing, dan gaji sudah disepakati Rp2 juta per bulan terlebih dahulu,” terangnya.

Adapun pengangkatan honorer apoteker bentuk dari syarat administari akreditasi puskesmas ke dua tahun 2019. Apoteker adalah tenaga pelaksana pelayanan kefarmasian.

Sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki seorang apoteker adalah dalam hal pelayanan kefarmasian. Maka disinilah apoteker mempunyai peran vital dalam hal pelayanan obat. Dalam standar Penilaian dalam akreditasi sesuai yang tercantum dalam BAB 8 adalah tentang Penyedian Obat di Puskesmas.

Di dalam salah satu elemen penilaian akreditasi, apoteker berperan dalam menjaga ketersediaan obat dalam pelayanan sesuai kebutuhan. Dalam hal ini apoteker mempunyai peran strategis, yaitu bagaimana obat yang ada di Puskesmas cukup untuk pelayanan dan dapat memenuhi kebutuhan pasien.

Pengelolaan Sediaan Farmasi merupakan salah satu kegiatan pelayanan kefarmasian, yang dimulai dari perencanaan, permintaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pengendalian, pencatatan dan pelaporan serta pemantauan dan evaluasi.

Tujuannya adalah untuk menjamin kelangsungan ketersediaan dan keterjangkauan sediaan farmasi dan bahan medis habis pakai yang efisien, efektif dan rasional, meningkatkan kompetensi/kemampuan tenaga kefarmasian, mewujudkan sistem informasi manajemen, dan melaksanakan pengendalian mutu pelayanan.(pip/sur) 

Komentar

Rekomendasi