oleh

Waspada Titik Longsor di Ulubelu!

radarlampung.co.id – Hujan deras yang terjadi Kamis malam (25/4) menyebabkan longsor pada tiga titik di Kecamatan Ulubelu, Tanggamus. Yakni tebing di Dusun Trabasan, Pekon Datarajan, Pekon Gunungtiga dan Pekon Pagaralam. Titik terparah di Pekon Datarajan. Sebab selain material tanah, pohon juga tumbang sehingga menutup sebagian badan jalan.

Camat Ulubelu Yosa Sumbala mengatakan, pohon tumbang di Pekon Datarajan menutupi sebagian jalan, sehingga kendaraan sempat tidak bisa melintas. ”Kalau material tanahnya sedikit. Tidak seberapa. Untuk kejadiannya sekitar pukul 19.00 WIB, Kamis (25/4),” kata Yosa dihubungi melalui ponselnya, Jumat (26/4).

Untuk jalan di Pekon Gunungtiga, longsor hanya membuat tebing menjadi miring dan nyaris ambruk. Namun struktur tanah yang miring membuat satu rumpun pohon bambu menutupi jalan. Sementara di Pekon Pagaralam, longsoran tanah hanya sedikit. Tidak sampai menutupi badan jalan.

”Sejak malam, masyarakat dan aparat kecamatan turun membersihkan material di tiga titik. Paginya dilanjutkan gotong-royong melibatkan babinsa, bhabinkamtibmas dan relawan desa tangguh bencana. Sekarang arus lalu lintas sudah kembali lancar,” sebut dia.

Meski tidak menyebabkan korban jiwa, satu unit motor tertimpa pohon. “Tidak ada korban jiwa. Namun ada pengendara motor saat kejadian. Ia langsung lari meninggalkan motor dan kendaraan tertimpa pohon. Namun hanya kerusakan ringan,” urianya. (ral/ehl)



Komentar

Rekomendasi