oleh

Longsor di Lemong, Empat Tewas Tertimbun

radarlampung.co.id – Satu keluarga di Pekon Sukamulya, Kecamatan Lemong, Pesisir Barat tertimbun material longsor, Jumat malam (26/4). Empat orang tewas dan dua mengalami luka-luka.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Barat Syaifullah mengatakan, longsor di Pedukuhan Atarlintik, Pekon Sukamulya terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Ada tiga titik longsor di wilayah tersebut.

”Longsor di Atarlintik merupakan lokasi terjauh dan untuk menuju ke sana harus melalui dua titik lagi,” kata Syaifullah.

Korban baru berhasil dievakuasi sekitar pukul 02.00 WIB, Sabtu (27/4). ”Ada empat korban meninggal. Yakni Dede Rifansyah (25), Indriani (23), Andika (11) dan Kaira Fayola (2). Dua selamat, namun mengalami luka berat. Mereka adalah Ishak (56) dan Suanah (53),” kata Syaifullah, Sabtu (27/4).

Syaifullah menuturkan, beratnya medan yang harus dilalui menyebabkan petugas dari BPBD, Dinas Kesehatan dan kepolisian kesulitan menuju lokasi longsor. Tim harus berjalan kaki, karena jalur tersebut tertutup material.

”Kita harus jalan kaki. Jalan terhalang titik longsor,” sebut dia.

Dilanjutkan, sekitar pukul 01.0 WIB, tim medis belum bisa mencapai titik longsor lantaran terhalang material. ”Baru sekitar jam 02.00 WIB, kita berhasil mengevakuasi korban tewas dan luka. Pagi ini tim medis PKM Lemong dalam perjalanan menunju lokasi longsor,” ujarnya.

Sekitar pukul 11.00 WIB, empat korban tewas dimakamkan. Sementara korban luka mendapat perawatan dari petugas medis.

Terkait kondisi cuaca yang belum normal, Syaifullah mengimbau warga untuk berhati-hati saat melaksanakan aktivitas. “Kita imbau masyarakat waspada. Terutama yang berada di pinggir tebing dan sungai. Sebab intensitas hujan beberapa hari ini sangat tinggi,” tegasnya. (try/ygi/ais)

Komentar

Rekomendasi