oleh

Tebing Longsor, Tujuh Rumah dan SD Tertimbun Material

radarlampung.co.id – Hujan deras menyebabkan tebing setinggi 50 meter di Pekon Tanjungsakti, Kecamatan Lemong, Pesisir Barat longsor, Jumat malam (26/4). Material menutup jalur menuju wilayah tersebut. Kemudian tujuh unit rumah dan gedung SD rusak.

Peratin Waybatang Mad Munadi mengatakan, sebagian masyarakat Tanjungsakti mengungsi ke Pekon Waybatang. Ini mengantisipasi longsor susulan yang kemungkinan terjadi di wilayah itu.

”Material sebagian menimpa dapur rumah warga. Bahkan sampai keluar melalui pintu depan. Longsor juga menyebabkan akses putus,” kata Mad Munadi, Sabtu (26/4).

Ia mengungkapkan, jarak antara rumah dan tebing cukup jauh, mencapai sekitar 100 meter. Namun karena tebing tersebut cukup tinggi, ditambah hujan deras, material longsor terbawa hingga ke perkampungan.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pesisir Barat Syaifullah mengatakan, pihaknya langsung mengerahkan petugas untuk melakukan evakuasi dan menangani lokasi longsor. ”Kita bergerak ke sejumlah titik bencana,” kata Syaifullah.

Terpisah, Sekretaris Dinas Sosial Pesisir Barat Agus Triadi mengungkapkan, tim sudah sudah turun ke lokasi bencana. ”Kita sudah turun ke lokasi untuk mengetahui kondisi di pekon tersebut. Saat ini fokus membantu dan mengevakuasi warga,” kata Agus. (try/ygi/ais)

Komentar

Rekomendasi