oleh

Lapor Pakcik, Satu Rumah Warga Lambar Nyaris Ambruk !

radarlampung.co.id –Bencana tanah longsor yang terjadi di Pemangku III, Pekon Bakhu Kecamatan Batuketulis Kabupaten Lampung Barat hingga kini belum ada penanggulangan. Bahkan kondisinya semakin parah. Satu rumah warga terancam ambruk.

Padahal, sebelumnya bencana longsor itu telah di tinjau langsung oleh Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus, dan telah memasuki skala prioritas.

Peratin Pekon Bakhu Mat Nur membenarkan bahwa saat ini kondisi kerusakan yang di timbulkan oleh bencana longsor tersebut semakin parah.

Bahkan keberadaan rumah milik Partini warga setempat nyaris ambruk setelah terjadi longsor susulan sejak beberapa waktu lalu.

“Kondisi longsor semakin meluas, bahkan saat ini sudah mengenai bagian pondasi, sewaktu-waktu rumah tersebut ambruk. Tapi untuk penanganan sudah di prioritaskan oleh pemkab tahun ini,”ungkap Mat Nur Minggu (28/4).

Dikatakanya, sebelumnya di lokasi tersebut berdiri dua bangunan rumah milik warga setempat yaitu Hi. Basarudin dan Partini. Namun karena kondisi longsor terus meluas Basarudin memilih untuk membongkar bangunan dan segera pindah. Sehingga, saat ini hanya bangunan milik Partini yang tersisa. Rumah itu juga sudah ditinggalkan oleh Partini karena khawatir kondisi akan semakin memburuk.

“Tinggal satu rumah lagi, satunya sudah di bongkar Karena khawatir longsor terus meluas, Sebab, tanah yang longsor terjadi tepat di belakang rumah keduanya, saat ini sebagian tanah di bawah tembok bagian belakang rumah partini sudah terbawa longsor,” imbuhnya.

Camat Batuketulis Drs Hepni mengatakan bahwa sudah melakukan peninjauan terkait bertambah parahnya kondisi longsor di wilayah tersebut. Namun pihaknya memastikan bahwa segera ada penaggulangan dari pemkab.

“Iya, kondisi longsor semakin meluas, tapi kami imbau warga tetap tenang, karena sudah masuk skal aprioritas, mudah-mudahan dalam waktu segera mendapat penanganan,”kata dia.

Sekadar diketahui, Bupati Lampung Barat Hi Parosil Mabsus didampingi Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin melakukan peninjauan lokasi longsor di tiga titik Pekon Luas, Kecamatan Batuketulis pda akhir 2018 lalu.

Dalam peninjauan itu, Parosil meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait diantaranya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) agar segera menyusun perencanaan penanggulangan.

“Saya minta Bappeda, BPBD dan Dinas PUPR segera menghitung dan menyusun perencanaan, tapi untuk sementara harus ada upaya penanganan kedaruratan agar longsor tidak meluas akibat kondisi cuaca seperti ini,”ungkap Pakcik, sapaan akrab Parosil.

Terus dia, tahapan penanganan yang harus dilakukan, yakni mengerjakan pengalihan siring atau saluran air agar longsor tidak meluas, sambil menunggu upaya penanganan skala besar. Nantinya, lanjut dia, dilokasi akan dipasang bronjong.(edi/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi