oleh

Akhirnya, FEB Unila Resmikan Gedung Pascasarjana

Radarlampung.co.id – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lampung (Unila) meresmikan gedung Pascasarjana, Gedung G FEB Unila, Senin (29/4). Peresemian gedung tersebut dirangkai dengan kegiatan silahturahmi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1440 H.

Dekan FEB Unila Prof. Satria Bangsawan mengatakan, gedung Pascaserjana tersebut mulai berdiri dibawah kepemimpinan Dr. Fadil Djauhar dan jajarannya tahun 2000, bersamaan dengan program D3. Gedung ini dibangun secara swaskelola dan baru dapat terselesaikan satu dari 3 lantai yang direncanakan pada 2001.

“Kemudian saya minta ijin untuk menggunakan gedung meski saat itu masih kurang layak kalau dilihat dari luar,” katanya saat menyampaikan sambutan dihadapan para tamu undangan.

Ia mengungkapkan, gedung yang awalnya diberi nama MM FEB Unila tersebut menjalani visitasi untuk keperluan akreditas pada tahun 2005. Gedung ini berhasil meraih akreditasi A berdasarkan kondisi lingkungan di dalam gedung yang terlihat bersih. Selanjutnya, FEB terus berupaya untuk menyelesaikan pembangunan gedung.

Hingga pada tahun selanjutnya FEB mendapatkan dukungan dari Perbankan, PT Bukit Asam dan Keluarga Besar Alumni FEB (KAFE) Unila untuk melengkapi meubelair dan lain sebagainya. Di tahun 2018, gedung tersebut kembali dibangun setelah terhenti sekitar 18 tahun.

“Dengan persetujuan pak Rektor, maka digulirkan gedung melalui PNBP dan bisa diselesaikan. Meski belum selesai, namun gedung ini sudah menghasilkan 694 alumni yang sudah berkiprah dimana-mana,” tambahnya.

Adapun bagian gedung terdiri dari ruangan ujian terbuka bagi para calon doktor yang berada di sayap kiri dan kanan gedung. Ruangan ini juga dapat digunakan sebagai ruang seminar atau kuliah umum dan lain-lain.

Kemudian ada juga ruangan khusus bagi para profesor bidang ekonomi yang berada di lantai dua. Hal ini dilakukan untuk memacu adanya peningkatan jumlah profesor di FEB Unila. Ruangan tersebut juga dilengkapi dengan ruang rapat para profesor.

“Peningkatan fasilitas diharapkan dapat dibarengi dengan peningkatan kinerja . Itu terbukti dengan adanya peningkatan prestasi dari para mahasiswa,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, KAFE Unila juga memberikan penghargaan pada mahasiswa FEB yang berhasil meraih Juara I Pilmapres Tingkat Universitas Program Sarjana atas nama Kecin Joan, Juara I News Casting Lomba Bahasa Inggris di ALSA UI Depok atas nama Permata Dinda Rahayu Utami, dan Hafidz Quran Juara I Hifzil Quran 30 Juz atas nama, Rifki Maulana.

Sementara itu, Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin berharap, ke depannya FEB dengan segala fasilitasnya bisa lebih maju lagi membawa nama besar Unila ke dunia Internasional. Sebab FEB, merupakan satu-satunya Fakultas dengan program studi terakreditasi Internasional.

“Sejak 2016 kita mulai transformasi menjadi Research  University. Karenanya, kita juga meningkatkan dana reset dari yang awalnya Rp1 miliyar menjadi Rp25 miliyar di tahun ini,” kata Hasriadi. (Ega/kyd)

Komentar

Rekomendasi