oleh

Dari 16 Paket Dilelang, Adik Khamami Dapat Lima

RADARLAMPUNG.CO.ID – Lutfi Mediansyah Kasi Jalan di Dinas PUPR Mesuji mengungkapkan bahwa adik Bupati nonaktif Mesuji Khamami yaitu Taufik Hidayat sering mendapatkan jatah paket proyek.

“Taufik Hidayat dari 16 paket dia dapat lima,” ujar Lutfi kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pembrantasan Korupsi (KPK) di Pengadilan Tipikor Kelas IA Tanjungkarang, Bandarlampung, Senin (29/4).

Lutfi pun mengakui jika Taufik mendapat pekerjaan sama halnya dengan rekanan lainnya. “Kalau untuk proses pemenangan dan paketnya Taufik ini tidak ada bedanya dengan rekanan lainnya,” bebernya.

Lalu, Subari pun menanyakan lagi ke Lutfi bagaimana Taufik bisa meminta proyek tersebut. “Gimana Taufik ini bisa meminta proyek. Apa Taufik ini menemui saudara?,” tanya Subari.

Dan, Lutfi menjelaskan bahwa bukan Taufik yang menemui dirinya, namun hanya Maidar dan Paing. “Utusan Taufik itu mereka berdua (Maidar dan Paing, red),” ungkapnya.

Setelah itu, Subari bertanya lagi. Yakni prihal kenapa bukan Taufik yang datang melainkan justru kedua orang itu. “Mereka datang dan mengaku dapat perintah dari pak Wawan untuk meminta HPS,” jawab Lutfi.

Lutfi pun mengaku memberikan HPS yang berisi lima paket yang tercantum nama Taufik. “Jadi pak Taufik sama fee 15 persen,” sambung Subari. “Saya enggak tahu, tahunya hanya Kardinal kalau dapat soal fee,” sambung Lutfi.

Lutfi pun menjelaskan jika saat pengerjaan paket proyek yang didapat Taufik, Maidan, dan Paing menjadi orang kepercayaan untuk mengawasi pekerjaan. “Iya bener mereka yang ngawal material, siapa yang ngukur mereka dampingi,” sebutnya.

Lutfi pun mengaku mendapat uang rokok sebesar Rp2,25 juta dari Taufik. “Yang beri Paing, bukan pak Taufik langsung,” tandasnya.

Sementara itu, Maidarmawan Pedagang Bakso dalam kesaksiannya menyatakan, Taufik tidak memeliki perusahaan. “Pinjam perusahaan, ada tiga perusahaan,” sebutnya.

Maidar pun mengaku jika peminjaman perusahaan ini sudah dilakukan sejak tahun 2017. “Ya saya diperintahkan, kemudian 2018, saya cari sendiri,” pungkasnya. (ang/sur)

Komentar

Rekomendasi